Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, February 17, 2022, 14:58 WIB
Last Updated 2022-02-17T07:58:45Z
Pojok PituViewerViral

Dinas Perkim Ambil Sampel Air Asin Di Dua Dusun Untuk Uji Laboratorium


NGAWI - Guna mengetahui penyebab asinnya air di dua dusun, yakni dusun grogolan dan desa wangkuk, desa waruk kalong, kecamatan kwadungan ngawi, dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman melakukan pengambilan sampel air. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab terasa asinnya sumber air warga di dua dusun tersebut.

Kepala bidang kawasan permukiman disperkim ngawi, pipit herawati menjelaskan, sebagai tindak lanjut dari informasi masyarakat adanya sumber air warga yang berasa asin pihaknya melakukan pengecekan kondisi lingkungan permukiman warga. Di samping itu juga untuk melihat sejauh mana kondisi sumur warga yang berasa asin tersebut.

Menurutnya, dalam pengecekan lapangan ini dan pengambilan sampel air ini merupakan inisiasi dari dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman.  Di akui pipit, saat proses pengambilan sampel di dua dusun yakni dusun grogolan dan dusun wangkuk ini memang ada perbedaan untuk kualitas air bersih nya. Untuk di dusun grogolan, kondisi air cenderung keruh dan berbau, serta sedikit rasa asin. Berbeda dengan di dusun wangkuk, yang kondisi air yang lebih jernih, namun rasa asinnya lebih pekat.

Guna mengetahui penyebab asinnya air, dan baku mutu air maka masih diperlukan pengujian laboratorium. Sedangkan dugaan awal untuk kualitas air ada dua yakni bisa dikarenakan pencemaran atau memang karena fenomena alami. Pipit juga menegaskan akan berkoordinasi dengan dinas terkait yakni untuk dinas kesehatan dan dinas lingkungan hidup untuk mengetahui penyebab pasti asinnya sumber air warga di dua dusun kecamatan kwadungan.