Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, February 9, 2022, 14:50 WIB
Last Updated 2022-02-09T09:03:20Z
Kabar ApikViewerViral

Disbupar Bojonegoro Gelar Launching Tari Selamat Datang Langen Thengul



KABAR APIK - Dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten bojonegoro, menggelar acara launching dan workshop tari selamat datang langen thengul, di gedung serbaguna bojonegoro, pada selasa siang.

Acara tersebut, dihadiri oleh para seniman bojonegoro, rektor perguruan tinggi di bojonegoro, kepala opd terkait, kepala cabang dinas pendidikan provinsi jawa timur, dan asisten perekonomian dan pembangunan setda yang sekaligus mewakili bupati bojonegoro yang berhalangan hadir.

Acara tersebut di awali dengan sambutan dan laporan oleh dinas kebudayaan dan pariwisata budiyanto. Dalam sambutanya, kepala dinas kebudayaan dan pariwisata menyampaikan bahwa kegiatan launching tari selamat datang langen thengul berdasarkan undang undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, peraturan daerah nomor 1 tahun 2020 tentang pelstararian kesenian tradisional, dan program kerja dinas kebudayaan dan pariwisata dalam upaya pengembangan serta pemajuan kebudayaan bojonegoro.

Selain itu, budiyanto menyampaikan bahwa proses pembuatan tari selamat datang langen thengul adalah hasil arahan dari bupati bojonegoro anna mu'awanah. Selain itu juga hasil diskusi dengan para seniman yang ada di bojonegoro. Proses pembuatan tari langen thengul, juga melibatkan sarjana sarjana dari perguruan tinggi yang komoeten dalam kesenian dan kebudayaan, yaitu isi surakarta dan unesa surabaya.

Sedangkan untuk tim penari, diambil dari generasi milenial bojonegoro yang berusia 15 sampai 17 tahun. Sementara itu, tujuan diadakanya launching dan workshop agar tari langen thengul segera di kenal oleh masyarakat bojonegoro.

Dalam acara lauching dan workshop tari selamat datang langen thengul, akan di resmikan di resmikan secara langsung oleh bupati bojonegoro anna mu'awanah. Namun, dikarenakan bupati bojonegoro ada kepentingan yang sangat mendesak, maka bupati mengutus asisten perekonomian dan pembangunan setda kabupaten bojonegoro untuk menyampaikan sambutan dari bupati. Kusnandaka tjatur, dalam sambutanya mewakili bupati bojonegoro menyampaiakan permohonan maaf, dari ibu bupati bojonegoro anna mu'awanah, yang tidak bisa hadir secara langsung dalam acara launching dan workshop ini.

Dalam isi sambutan bupati bojonegoro anna mu'awanah yang di sampaikan oleh kusnandaka tjatur menyampaikan. Acara launching dan workshop tari selamat datang langen thengul, merupakan kegiatan yang dapat menjembatani sekaligus dalam rangka menjadi wahana kreasi bagi para seniman, serta mengangkat sasana seni budaya dan tarian khas yang ada di bojonegoro. Sebagaimana yang telah di amanatkan oleh undang undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan dan peraturan daerah nomor 1 tahun 2020 tentang pelestarian kesenian tradisional. Sebagai upaya pemajuan dan pelestarian kesianan tradisional, maka pemerintah kabupaten bojonegoro melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, terutama para seniman, sehingga dapat terciptalah tari selamat datang langen thengul ini.

Selain itu juga, di tahun di era pandemi seperti sekarang ini, ternyata kreatifitas kreatifitas masih sangat eksis sekali, meskipun dalam keadaan masa pandemi ini. Ini tentu menjadi suatu wahana dan sarana, dalam rangka meningkatkan serta memajukan kreatifitas, sebagai jalan keluar agar tetap eksis di masa pandemi.

Bojonegoro mempunyai potensi yang sangat luar biasa, baik dari sumber daya alam, sumber daya manusia maupun kearifan lokal yang menjadi ciri khas tersendiri bagi bojonegoro. Oleh karena itu, pada kesempatan ini bupati bojonegoro mengajak semua pihak untuk bersama sama membangun komunikasi yang baik antar lini, agar nantinya dapat terciptanya produksi bojonegoro, baik di sektor budaya maupun wisata yang energik dan produktif.

Tentunya, dengan berkembangnya bojonegoro saat ini, satu sisi semua wilayah ataupun daerah di pelosok desa sudah terkonektifitaskan dengan  transportasi yang sangat baik. Hal ini tentunya agar mendorong kita semua dalam rangka mensukseskan program di segala bidang. Sementara itu, dengan adanya kawasan kawasan yang menghubungkan bojonegoro dengan daerah daerah yang lain, tentu kreatifitas para seniman dapat mendorong tumbuh kembangnya, serta potensi untuk menggelorakan bahwa bojonegoro merupakan wilayah dan daerah seni.pada kesempatan tersebut, bupati mengucapkan terimakasih kepada para seniman yang telah mencurahkan pikiranya, mencurahkan persaaan hati dalam rangka mengkreasikan dan menciptakan tari tenghul ini.

sebagai simbolis peresmian launching tari selamat datang langen thengul, di tandai dengan pemencetan tombol peresmian oleh kusnandaka tjatur mewakili bupati bojonegoro, bersama dengan kepala dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten bojonegoro budiyanto. Acara kemudian di lanjutkan dengan penampilan tari langen thengul oleh tim kesenian.

Di akhir acara launching tari selamat datang langen thengul, di isi dengan acara workshop yang di ikuti oleh 116 orang, dengan rincian seniman perwakilan dari kecamatan se bojonegoro sebanyak 28 orang, guru seni budaya sd 28 orang, guru seni budaya smp 28 orang, guru seni budaya smk sma 28 orang, dan perwakilan mahasiswa sebanyak 6 orang. Untuk narasumber dari unesa surabaya dan pelaku seni dari sanggar angling dharma.