Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, February 26, 2022, 14:36 WIB
Last Updated 2022-02-26T07:36:52Z
BojonegoroViewerViral

Kedelai Mahal, 350 Produsen Tahu Di Bojonegoro Ancam Mogok Produksi


BOJONEGORO - Terus melonjaknya harga kedelai, membuat para produsen tahu di kelurahan ledok kulon, kecamatan kota bojonegoro,kian terpukul.para pelaku usaha mikro inipun terancam gulung tikar.

Daerah ini dikenal sebagai salahsatu sentra produsen tahu.sedikitnya terdapat 350 perajin tahu yang telah beroperasi selama puluhan tahun.

Penasehat paguyuban produsen tahu ledok,pranyoto mengatakan. Jika para perajin akan mogok beroperasi, jika harga kedelai menyentuh angka 11.500 rupiah perkilo. Sedangkan saat ini harga kedelai berkisar 10.800 hingga 11.100 rupiah per kilogramnya.

Padahal sebelumnya, harga kedelai paling mahal di angka 8 ribu rupiah perkilo. Menurutnya, harga segitu para produsen tahu tak mendapatkan untung.

Untuk mensiasati tingginya harga kedelai, selama ini pihaknya sementara mengurangi produksi dan memperkecil ukuran tahu. Para produsen tahu setempat belum berani menaikan harga, karena khawatir akan ditinggal para pelanggan.

Selain harga kedelai yang terus melambung,derita para pelaku usaha kecil ini juga diperparah dengan kelangkaan minyak,yang sudah berlangsung selama sebulan terahir.