Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, February 26, 2022, 14:25 WIB
Last Updated 2022-02-26T07:25:19Z
BojonegoroViewerViral

529 Embung Terbangun Di Bojonegoro Hingga Tahun 2022


BOJONEGORO - Hingga tahun 2022 ini, sebanyak 529 embung terbangun di kabupaten bojonegoro. Embung tersebut tersebar di 28 kecamatan 430 desa di bojonegoro. Secara operasional, fungsi embung untuk mendistribusikan dan menjamin air untuk keperluan irigasi pertanian saat musim kemarau, mencegah banjir di musim penghujan, dan pengembangan sektor kawasan pariwisata.

Tak hanya itu, fungsi embung juga dapat digunakan untuk usaha perikanan dan mencegah perkembangan jentik nyamuk. Pembangunan sudah dikerjakan dari tahun 2013 lalu, hingga hari ini akan di bangun embung di enam titik, dan akan dilakukan survei kelayakan lokasi embung.

Kepala dinas pekerjaan umum sumber daya air (dpu sda), melalui kasi sub koordinator penyedia air baku irigasi (abi) kabupaten bojonegoro, ardian ari nurcahyo mengatakan. Pembangunan embung tersebut mengacu dalam surat edaran menteri pekerjaan umum dan penataan ruang, tentang pedoman pembangunan wmbung kecil dan bangunan penampung air lainnya di desa. Hingga saat ini, di kabupaten bojonegoro sudah terbangun embung 529 yanh tersebar di 430 desa di 28 kecamatan.

Ardian berharap, dengan dibangunnya embung tersebu, disisi lain untuk irigasi pertanian, penanggulangan banjir, serta bisa dimanfaatkan untuk wisata. Dan tentu dampaknya nuga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.