Iklan

jtvbojonegoro
Tuesday, March 8, 2022, 20:18 WIB
Last Updated 2022-03-08T13:18:49Z
BojonegoroViewerViral

Bojonegoro Surganya Desa Wisata di Jawa Timur


BOJONEGORO - Kabupaten Bojonegoro punya banyak potensi, salah satunya adalah Desa Wisata. Hasil rilis Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Bojonegoro teratas terbanyak memiliki Desa Wisata Nusantara.

Tercatat di aplikasi besutan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Kabupaten Bojonegoro menorehkan sebanyak 32 Desa Wisata, rangking satu tertinggi di Jawa Timur. Diikuti rangking dua, Kabupaten Ponorogo dengan mencatat 19 Desa Wisata, lalu rangking tiga Kabupaten Kediri mencatat 17 Desa Wisata, selanjutnya Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Trenggalek berbagi rangking 4 dengan mencatat 10 Desa Wisata. Dan rangking 5 diraih Kabupaten Tulungagung, Blitar, Madiun dan Magetan masing menorehkan 9 Desa Wisata.

"Selamat untuk Kabupaten Bojonegoro sebagai rangking satu di Jawa Timur mencatat terbanyak dan masuk di aplikasi Desa Wisata Nusantara. Kami akan replikasi ke Kabupaten lainnya," ungkap Miftahul Munir, Tenaga Ahli Pendamping Masyarakat Provinsi Jawa Timur.

Hal senada diungkapkan oleh PIC (Person In Charge) Bumdesa Kabupaten Bojonegoro, Wanut Susisno yang terkejut karena Kabupaten Bojonegoro meraih prestasi rangking satu terbanyak Desa Wisata. Wanut Susisno menjelaskan bahwa jumlah 32 Desa Wisata tersebut bisa jadi akan terus bertambah hal tersebut berkat kerja tim PD (Pendamping Desa) serta PLD (Pendamping Lokal Desa) se-Bojonegoro dalam mendampingi Desa. 

Selain itu, Wanut Susisno optimis bahwa Kabupaten Bojonegoro akan meraih rangking satu dengan jumlah Desa Wisata terbanyak secara Nasional. Optimistisme tersebut bukanlah hal semu karena selama ini dan biasanya Jawa Timur menjadi barometer Nasional.

"Tim Pendamping Bojonegoro solid dan bekerja keras, kita optimis akan meraih catatan Desa Wisata terbanyak secara Nasional," ungkap Wanut Susisno Tenaga Ahli  Pendamping Masyarakat (TAPM) Kabupaten Bojonegoro.

Koordinator Pendamping Profesional menyampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada PD dan PLD yang bekerja keras dan mendampingi Desa tanpa lelah. Selain itu juga menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari TAPM Provinsi Jawa Timur.

"Terima kasih sahabat-sahabat PD dan PLD Bojonegoro dan terkhusus ucapan terima kasih atas apresiasi dari Provinsi," ujar Mustakim koordinator Pendamping Bojonegoro.