Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, March 8, 2022, 16:26 WIB
Last Updated 2022-03-08T09:26:33Z
BojonegoroKabar ApikViewerViral

Tingkatkan Layanan Kesehatan Warga, Bupati Anna Resmikan RSUD Kepohbaru


KABAR APIK - Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, resmikan RSUD Kelas D Kepohbaru yang ada di desa sidomukti, kecamatan Kepohbaru kabupaten bojonegoro, pada senin pagi. RSUD ini dilengkapi dengan fasilitas kesehatan mumpuni serta didukung adanya beberapa poli pelayanan bagi masyarakat. Sehingga nantinya diharapkan dapat meningkatkan sekaligus mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kabupaten bojonegoro, khususnya masyarakat di kawasan Kepohbaru.

Acara peresmian RSUD dihadiri langsung oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), ketua dprd kabupaten bojonegoro, sekretaris daerah, dinas kesehatan bojonegoro, asisten pemerintahan dan kesra, camat serta forkopimcam Kepohbaru, kepala puskesmas Kepohbaru, baureno, kedungadem, dan kesonggo. Selain itu, dihadiripula  direktur RSUD Sosodoro Djatikoesomo, RSUD padangan, RSUD sumberjo, seluruh kepala desa di wilayah puskesmas Kepohbaru, dan direktur RSUD Kepohbaru beserta pejabat struktural.

Acara peresmian diawali dengan pembukaan senam stanting yang di bawakan oleh kader pkk desa sidomukti, dan di lanjutkan sambutan oleh kepala dinas dinas kesehatan bojonegoro ani pujiningrum. Dalam sambutanya, kepala dinas kesehatan bojonegoro menyampaikan terimakasih kepada Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, atas komitmen untuk selalu mendukung upaya peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat, sehingga nantinya dapat terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Pembangunan gedung baru RSUD Kepohbaru,  merupakan program dari Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dari pemerintah pusat. Sebelumnya, RSUD Kelas D Kepohbaru bersetatus puskesmas non perawatan, yang kemudian kini perubahan status menjadi RSUD Kelas D Kepohbaru. Selain itu latar belakang pengembangan puskesmas Kepohbaru menjadi RSUD, diantaranya kabupaten bojonegoro yang telah menyandang predikat sebagai kabupaten universal healt coverage (uhc), yaitu seluruh penduduk bojonegoro yang telah tercover jaminan kesehatan nasional (jkn kis).

Selain itu, dibangunya RSUD kelad d Kepohbaru untuk meningkatkan sekaligus mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kabupaten bojonegoro, terutama masyarakat di kawasan tenggara, sekaligus menjadi alternatif pilihan pelayanan kesehatan bagi masyarakat luar kabupaten, yang berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten bojonegoro timur dan selatan.

RSUD Kelas D Kepohbaru terletak di jalan raya Kepohbaru gunung sari nomor 472, kecamatan Kepohbaru, dengan mengusung visi melayani dengan sepenuh hati. RSUD Kepohbaru sendiri memiliki luas tanah 7.614 meter persegi, dan luas bangunan 4.688 meter persegi,memiliki 2 lantai. Pembangunan gedung dimulai sejak awal 2021,sementara itu, RSUD Kelas D Kepohbaru memiliki ruang rawat sejumlah 50 ruangan dengan predikat yang diakui oleh BPJS, dan diimbangi pelayanan bermutu sesuai pelayanan rujukan bagi masyarakat bojonegoro sektor tenggara.

Selain fasilitas tersebut, RSUD Kepohbaru juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap, yakni ruang operasi atau bedah, ruang radiologi, ruang labolatorium, ruang gizi, ruang laundry, kamar jenazah, pengelolaan limbah b3, ruang genset, serta dilengkapi dengan area parkir yang luas dan taman.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam sambutanya menyampaikan. Dengan terbangunnya gedung rumah sakit RSUD Kepohbaru, diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat kabupaten bojonegoro, khususnya untuk masyarakat di wilayah tenggara sektor timur. Bupati menyampaikan, apapun yang berkaitan dengan layanan kesehatan, agar semua pihak bisa bekerja dengan hati, bekerja dengan sepenuh rasa persahabatan, bekerja dengan senyuman, karena inilah yang harus kita berikan untuk masyarakat.

Selain itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengungkapkan, saat ini 1,3 masyarakat sudah di cover oleh BPJS, namun meskipun sudah di cover oleh BPJS, diharapkan masyarakat tetap harus menjaga kesehatan dengan cara olah raga dan menjaga pola makanan yang bergizi. Bupati menambahkan, pemerintah daerah bukan hanya membangun infrastruktur jalan, akan tetapi juga membangun fasilitas kesehatan rumah sakit untuk masyarakat, pasar tradisional, dan juga membangun sumber daya manusia.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah berpesan kepada masyarakat kabupaten bojonegoro, agar bersama sama menjaga pembanguban di kabupaten bojonegoro, tetap mematuhi protokol kesehatan, tetap bersabar di tengah masa pandemi dengan cara jangan panik, serta tetap jaga kebersamaan dan taat disiplin menjaga protokol kesehatan.

Dengan di bangunnya RSUD Kepohbaru ini bupati meyakinkan masyarakat, bahwa RSUD Kepohbaru ini akan memberikan pelayanan yang bermutu, baik dari penanganan perawatan dan dari segi peralatan yang sangat lengkap dan memadai. Selain itu, bupati mempunyai harapan terhadap RSUD Kepohbaru, agar personil dapat melayani dengan sepenuh hati dan kekeluargaan.

Setelah menyampaikan sambutan, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menandatangi prasasti, serta pelepasan burung merpati sebagai bentuk diresmikanya gedung RSUD Kelas D Kepohbaru, oleh bupati anna mu'awanah bersama forkopimda. Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah serta forkopimda, melanjutkan peninjauan ke seluruh ruangan dan fasilitas di RSUD Kepohbaru.

Selain itu, sebagai langkah memaksimalkan pelayanan kesehatan, telah disusun struktur organisasi RSUD Kepohbaru, yang terdiri dari direktur RSUD Kepohbaru dokter vera agustina, sub bagian tu, seksi pelayanan medis, seksi asuhan keperawatan, dan kelompok jabatan fungsional.

Adapun pelayanan kesehatan di RSUD Kelas D Kepohbaru meliputi beberapa pelayanan, yakni mulai dari pelayanan kesehatan umum, pelayanan kesehatan gigi, pelayanan kesehatan anak, pelayanan kebidanan dan kandungan, pelayanan bedah, pelayanan penyakit dalam, ugd 24 jam, farmasi, labolatorium, instalasi radiologi, instalasi gizi, ambulance, pelayanan rawat inap dan pelayanan persalinan.

Dengan dibangunnya RSUD Kelas D Kepohbaru diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat, terutama pelayanan kesehatan, dan di bangunnya RSUD ini sangat berpeluang menjadi pusat layanan kesehatan rujhkan di wilayah tenggara bojonegoro, yang berbatasan dengan 4 kecamatan dan kabupaten lamongan.