Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, March 14, 2022, 15:16 WIB
Last Updated 2022-03-14T08:33:09Z
TubanViewerViral

Jelang ASO, Warga Di Tuban Masih Pertahankan Siaran TV Analog


TUBAN - Migrasi siaran televisi analog ke televisi digital atau biasa disebut analog switch-off atau ASO, akan mulai diberlakukan di jawa timur pada 30 april 2022 mendatang. ASO tahap 1 tersebut, akan mulai diberlakukan di 9 kabupaten di jawa timur.

Kabupaten tuban sendiri, masuk dalam tahap 3 migrasi siaran televisi analog ke televisi digital, yakni pada bulan november 2022 mendatang. Saat ASO mulai diberlakukan di daerah masing-masing sesuai jadwal yang telah ditentukan, siaran televisi analog tidak bisa lagi disaksikan oleh warga.

Namun, warga tetap bisa menikmati siaran tv digital yang gambarnya jernih, bersih dan canggih dengan hanya memasang set top box. Meski demikian, sebagian warga di tuban hingga kini masih mempertahankan dan mengandalkan siaran televisi analog.

Salah satunya achmad choirudin, warga kelurahan gedongombo, kecamatan semanding, kabupaten tuban. Hingga saat ini ia masih mengandalkan siaran televisi analog, meski sudah mengetahui migrasi tv analog ke digital dari iklan sosialisasi di televisi.

Ia berharap, pemerintah atau pihak terkait memberikan bantuan alat, agar migrasi tv analog ke digital ini bisa diterima dengan baik  oleh masyarakat khususnya di kabupaten tuban. Migrasi ini juga disambut baik oleh warga setempat, mengingat siaran tv analog kerap kali hilang saat cuaca buruk.