Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, March 28, 2022, 15:00 WIB
Last Updated 2022-03-28T08:22:16Z
TubanViewerViral

Migrasi TV Analog Ke Digital Di Tuban Dinilai Kurang Sosialisasi


TUBAN - Analog switch-off atau ASO tahap 1, akan mulai diberlakukan di jawa timur pada 30 april 2022 mendatang. Sementara kabupaten tuban, dijadwalkan masuk dalam peralihan tv analog ke digital ini, pada akhir bulan november 2022 mendatang.

Terkait hal ini, sejumlah warga di kabupaten tuban menilai sosialisasi ASO yang dilakukan pihak terkait sangat kurang. Pasalnya, meski mengetahui migrasi siaran analog ke digital, sebagian warga tidak mengetahui kapan penerapan dan pelaksanaannya dimulai.

Salah satunya seperti yang diungkapkan warga di kelurahan sendangharjo, kecamatan tuban kota, kabupaten tuban, pada senin siang. Peralihan televisi analog ke televisi digital diketahui warga dari sosialisasi yang masih di saluran televisi.

Meski demikian, warga tidak mengetahui kapan pelaksanaan dan penerapannya di kabupaten tuban. Untuk itu, warga meminta kepada pihak terkait, khususnya dinas kominfo agar lebih pro aktif mensosialisasikan hal ini.

Selain itu, warga juga berharap pembagian set top box atau alat yang digunakan untuk menerima siaran televisi digital tersebut, bisa tepat sasaran.

Warga berharap, pihak terkait juga menggencarkan sosialisasi terkait peralatan teknis untuk keperluan migrasi tv analog ke digital serta jadwal pelaksanaannya. Sehingga, program ASO ini bisa diketahui dengan baik oleh masyarakat.