Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, March 11, 2022, 15:04 WIB
Last Updated 2022-03-11T08:04:01Z
Pojok PituViewerViral

Ratusan Rumah Di Jombang Terendam Banjir Hingga Dua Meter


JOMBANG - Dari puluhan desa yang terdampak banjir,kondisi terparah berada di desa kademangan kecamatan mojoagung jombang. Banjir menggenangi seluruh desa, terutama dusun kademangan.`petugas dari aparat keamanan, bpd dan relawan berpatroli keliling pemukiman untuk mengevakuasi warga ke pengungsian di balai desa setempat.

Tim relawan juga terus melakukan penyisiran ke sejumlah sudut dusun untuk memberi pertolongan kepada warga. Sejumlah tim menggunakan perahu karet diterjunkan agar warga tidak terjebak genangan air yang terus naik.

Hingga jum'at dini hari, terdapat sebanyak 180 kepala keluarga yang telah berhasil dievakuasi ke tempat pengungsian. Anak-anak hingga lansia menempati salah satu ruangan di balai desa.

Irwan susanto, kepala dusun kademangan mengatakan banjir mulai datang sekitar pukul 22.00 wib kamis malam. Setelah hujan deras selama empat  jam lebih. Penyebab banjir karena sungai pancir dan sungai catak banteng tak mampu menampung debit air akibat guyuran hujan di daerah hulu.

Mahfud yunus dantim operasi bpbd jombang mengatakan dari data bpbd kabupaten jombang yang sudah masuk selain di kecamtan mojoagung, banjir juga merendam empat kecamatan lainnya. Namun yang terparah di desa kademangan kecamatan mojoagung.

Hingga pagi ini banjir masih belum surut. Namun hujan telah reda sejak tengah malam. Warga berharap air segera surut sehingga segera bisa kembali ke rumah masing-masing untuk beraktifitas.