Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, March 30, 2022, 14:04 WIB
Last Updated 2022-03-30T08:29:44Z
Pojok PituViewerViral

Warga Pedalaman Jombang Sakit Ditandu Hingga Dua Jam


JOMBANG - Beginilah perjuangan warga dusun rapahombo, desa klitih, kecamatan plandaan, Jombang. Saat ada warganya yang jatuh sakit, warga lain harus memikulnya untuk membawa ke rumah sakit. Video yang viral di media sosial ini terjadi pada selasa taggal 29 maret 2022 kemarin.
 
Tak tanggung-tanggung, perjuangan mengantar warga ke rumah sakit sangat berat. Warga yang sakit harus dimasukkan ke dalam kain sarung, lalu dipikul beramai-ramai dengan menggunakan kayu.
 
Tidak berhenti disitu untuk membawa tetangganya yang sakit ini, warga harus berjalan kaki menembus medan berat dan berlumpur. Ditambah lagi juga menyusuri hutan selama lebih dari dua jam.

Waktu dua jam itupun warga harus melewati jalan pintas menuju ke wilayah kabupaten nganjuk.
 
Setelah sampai di jalan besar di wilayah kabupaten Nganjuk dan menemukan jalan yang bisa dilalui kendaraan , warga yang sakit kemudian dinaikkan mobil. Warga yang saki  dibawa ke rumah sakit islam di Jombang untuk mendapatkan penanganan medis.
 
Mustain, menantu pasien mengatakan, terpaksa memikul sigun (62 tahun), mertuanya yang sakit, karena motor dan mobil tak bisa masuk ke dusunnya. Sebab saat musim hujan, medan jalan menuju dusun rapahombo  kondisinya sangat parah, selain berbatu, lumpurnya juga sangat dalam. Satu-satunya jalan untuk menyelamatkan warga yang sakit harus dipikul seperti ini.

Dusun rapahombo, merupakan salah satu dari beberapa dusun terpencil di kabupaten Jombang. Lokasinya berada di dalam hutan dan jauh dari pusat kantor desa terlebih kantor pemerintah kabupaten Jombang. Pada musim hujan seperti saat ini kondisi jalan sangat sulit dilalui baik kendaraan ataupun jalan kaki.