Iklan Rokil

Iklan Rokil

Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, March 4, 2022, 14:35 WIB
Last Updated 2022-03-04T08:19:42Z
Pojok PituViewerViral

Warga Temukan Arca Dwarapala Saat Gali Tanah Pembangunan Masjid


TULUNGAGUNG - Sebuah arca dwarapala ditemukan warga di dusun ngadirogo , desa podorejo, kecamatan sumbergempol, tulungagung. Arca yang terbuat dari batu berukuran tinggi 63 centimeter tersebut, ditemukan oleh warga yang tengah menggali tanah untuk membangun gudang masjid, pada sabtu 26 februari lalu.

Salah seorang saksi, nurhamdan, mengatakan, arca tersebut ditemukan di kedalaman sekitar 30 centimeter. Arca ditemukan secara tidak sengaja ketika rekannya tengah menggali tanah dan cangkulnya membentur arca. Saat ditemukan arca dalam posisi tengkurap membujur ke arah timur.

Sementara itu, pamong budaya dinas kebudayaan dan pariwisata tulungagung, winarto mengungkapkan, arca tersebut memiliki tinggi 63 centimeter, lebar 34 serta tebal 30 centimeter. Pihaknya akan segera melaporkan temuan arca tersebut ke balai pelestarian cagar budaya , bpcb jawa timur , agar segera dilakukan kajian untuk menentukan apakah arca tersebut termasuk benda cagar budaya atau bukan.

Selain temuan arca dwarapala, disekitar lokasi arca juga turut ditemukan sejumlah batu berbagai bentuk dan serakan batu bata berukuran besar.