Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, April 7, 2022, 13:01 WIB
Last Updated 2022-04-07T08:09:53Z
Pojok PituViewerViral

Berburu Berkah Ramadhan, Ratusan Lansia Jadi Santri Dadakan


JOMBANG - Beginilah suasana santri warga lansia saat mengikuti pengajian di masjid jami’ rodlotul arifin, desa cukir, kecamatan diwek, kabupaten jombang. Dengan kondisi seadanya bak lokasi pengungsian, mereka tetap hikmad mendengarkan tausiyah dari salah satu ustadzah di masjid tersebut.

Para lansia ini menjadi santri di  selama sebulan penuh.  Mereka akan kembali ke rumahnya masing-masing menjelang lebaran. Mulai dari kebutuhan memasak,tidur hingga kebutuhan untuk berlebaran mereka siapkan sendiri selama menjadi nyantri di pondok pesantren.

Lutfiah, salah santri lanjut usia ini mengaku, rela meninggalkan keluarganya hanya untuk bisa berkonsentrasi berburu berkah ramadhan. Perempuan asal kediri yang mengaku sudah single parent  ini mengaku bisa berkonsentrasi selama bisa nyantri di pondok yang memiliki ribuan jamaah thoriqoh ini.

Sementara sawung agus basuki, penanggungjawab masjid jami mengatakan, masjid hanya memberikan fasilitas pada para lansia untuk bisa berkonsentrasi beribadah di usianya yang lanjut. Kegiatan ini sudah dilakukan  puluhan tahun silam. Hampir setiap tahun ada ratusan peserta mulai dari sejumlah daerah di indonesia. Pondok lansia ini sempat ditiadakan karena pandemi selama dua tahun kemarin.

Ramadhan memang memiliki magnet besar bagi umat islam untuk meningkatkan ibadahnya. Warga muslim di seluruh negeripun berlomba-lomba untuk mendapatkan berkahnya. Termasuk ratusan lansia yang berkumpul dan tidur di masjid. Saat menjelang sore mereka selalu sibuk berburu menu berbuka. Sebagian mendapatkan kiriman dari kerabatnya.