Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, April 27, 2022, 14:59 WIB
Last Updated 2022-04-27T07:59:18Z
Pojok PituViewerViral

Kue Banjar Jajanan Lebaran Tempo Dulu Asal Jombang


JOMBANG - Kue banjar merupakan kue kering bisa bertahan hingga satu tahun lebih, meskipun dibuat tanpa bahan pengawet. Kue ini menjadi kue lebaran yang merupakan peninggalan zaman dahulu yang kini hanya sebagian warga yang memproduksinya.

Salah satu perajinnya ini ada di dusun blimbing desa kwaron, kecamatan diwek, kabupaten jombang. Seiring banyaknya pesanan, pemilik usaha rumahan ini terus bekerja memenuhi permintan pemesan. Semakin dekat lebaran, setiap hari terus memproduksi.

Bahan-bahan kue banjar cukup sederhana. Yaitu tepung ketan, telor dan gula putih. Namun pembuatannya memerlukan keahlian dan kesabaran sebab prosesnya cukup lama dan masih tradisional.

Mulai dari penumbukan secara manual hingga membentuk kue unik. Setelah itu baru dimasukan ke masin oven manual.

Anis komariyah, produsen kue ini mengakui menjelang lebaran tiba,  pesanan kue banjar berdatangan dari berbagai daerah. Seperti jakarta dan surabaya selain jombang dan sekitarnya. Namun mendekati lebaran pemesanan telah ditutup, kini hanya menuntaskan pesanan yang telah masuk.

Harga kue banjar 130 ribu rupiah perkilogram. Meskipun cukup tinggi, permintaan tetap tinggi.  Kini pembuat kue banjar menunggu adanya alat modern yang bisa menggantikan tenaga manusia. Sehingga regenerasi pembuat kue banjar bisa diturunkan.