Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, April 30, 2022, 15:30 WIB
Last Updated 2022-04-30T08:30:00Z
TubanViewerViral

Pasar Tumpah Picu Kemacetan Jalur Mudik Pantura


TUBAN - Seperti inilah kondisi lalu lintas jalur nasional pantura kabupaten tuban, yang menghubungkan provinsi jawa timur dan jawa tengah. Antrian kendaraan terjadi hampir setiap hari di sejumlah kawasan pasar tumpah. Bahkan tak jarang menyebabkan kemacetan lalu lintas hingga sepanjang satu kilometer.

Keberadaan pasar tumpah sudah menjadi masalah klasik tiap musim mudik lebaran tiba. Memasuki musim mudik lebaran, arus lalu lintas di sekitar pasar kerap mengalami kemacetan panjang. Seperti yang terlihat di pasar tradisional kecamatan tambakboyo, kabupaten tuban.

Aktifitas bongkar muat dan kendaraan parkir di bahu jalan membuat arus lalu lintas menjadi semrawut. Kondisi ini diperparah dengan keberadaan angkutan umum serta becak motor yang berhenti sembarangan untuk menaikan atau menurunkan penumpang. Kemacetan biasanya pada jam-jam sibuk, mulai pukul delapan pagi hingga pukul sebelas siang.

Meski rutin terjadi kemacetan, tidak nampak satupun petugas kepolisian yang ada di lokasi untuk mengurai penumpukan kendaraan. Kondisi seperti ini dianggap masyarakat dan pengguna jalan sebagai hal yang lumrah.

Untuk mengantisipasi kemacetan selama arus mudik, polres tuban  akan menempatkan personil di titik-titik kemacetan pasar tumpah.

Terdapat lima pasar tumpah yang perlu diwaspadai pemudik di sepanjang jalur pantura kabupaten tuban. Diantaranya, pasar ikan bancar, pasar tradisional tambakboyo, pasar ikan glondonggede, pasar tradisional jenu dan pasar ikan karang agung palang.