Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, April 16, 2022, 15:21 WIB
Last Updated 2022-04-16T08:32:46Z
TubanViewerViral

Pelas Palang, Dadar Jagung Pedas Dan Gurih Favorit Warga Di Tuban


SKETSA RAMADHAN - Dadar jagung, menjadi lauk favorit bagi warga di pesisir kabupaten tuban, untuk pelengkap sajian berbuka puasa. Namun, warga tuban mengenalnya bukan dengan istilah dadar jagung, melainkan menyebutnya dengan nama pelas.
 
Salah satu yang menjadi favorit adalah pelas palang. Sesuai namanya, dadar jagung ini dibuat oleh warga di kecamatan palang, kabupaten tuban. Sepanjang jalan raya di kecamatan setempat, akan banyak kita jumpai warga yang menjajakan makanan khas ini. Pelas palang terkenal, karena rasanya yang pedas, gurih dan nikmat, sehingga membuat para pecinta masakan pedas ketagihan.
 
Seperti dadar jagung pada umumnya, pelas palang juga berbahan dasar biji jagung muda. Namun, disini semua prosesnya masih menggunakan cara tradisional. Jagungnya diiris kecil-kecil, kemudian ditumbuk dan diuleg bersama aneka bumbu rempah. Sebelum digoreng, adonan diberi irisan daun bawang.
 
Menurut salah satu pedagang pelas palang di tepi jalan daendels tuban, sukanah. Dalam sekali jualan antara pukul 15.00 hingga 21.00, ia mampu menghabiskan 5 karung jagung. Harga pelas palang ini dijual seribu perbijinya. Para pembeli tak hanya datang dari dalam tuban saja, melainkan juga dari lamongan hingga bojonegoro.
 
Pelas palang, menjadi salah satu lauk favorit warga di pesisir tuban. Rasanya yang gurih dan pedas, menjadikannya cocok untuk lauk berbuka puasa.
 
Bagaimana? Anda tertantang menikmati pedas dan gurihnya pelas palang?. Makanan ini dapat dengan mudah anda temui di sepanjang jalur daendels kecamatan palang, tuban.