Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, April 5, 2022, 14:49 WIB
Last Updated 2022-04-05T08:06:58Z
BojonegoroViewerViral

Ramadhan, Perajin Alat Rebana Di Bojonegoro Banjir Orderan


BOJONEGORO - Peningkatan pesanan rebana, dirasakan muhlisin (30 tahun) salah seorang pengrajin rebana di jalan lisman, desa campurejo, kecamatan kota, bojonegoro.

Di awal bulan ramadhan ini, jumlah pesanan alat musik islami itu, meningkat drastis hingga 50 persen, dibanding hari biasa. Jika di hari biasa jumlah pesanan hanya mencapai rata-rata 3 sampai 4 set per bulan maka selama ramadhan ini, jumlahnya sudah mencapai 8 set.

Pesanan tak hanya datang dari lokal bojonegoro, melainkan juga dari daerah lain seperti tuban dan blora, mereka rata-rata adalah kelompok-kelompok hadrah atau lembaga-lembaga pendidikan islam seperti madrasah ataupun pondok pesantren.

Ramainya pesanan ini, otomatis berdampak pada peningkatan omzet pengrajin. Jika di hari biasa rata-rata hanya mencapai rp 9 sampai rp 12 juta per bulan. Maka pada bulan ramadhan ini, sudah mencapai kisara rp 21 sampai rp 27 juta.

Adapun harga setiap alat musik yang ditawarkan adalah bervariasi mulai dari rp3 juta sampai dengan rp4 juta setiap setnya. Tergantung bahan dan kualitas nya.

Tak hanya melayani pesanan rebana baru. Di rumah produksinya, muhlisin juga melayani servis atau perbaikan rebana lama yang sudah rusak. Di tangannya, rebana lama akan diset kembali agar suaranya lebih nyaring dan merdu.