Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, April 18, 2022, 15:32 WIB
Last Updated 2022-04-18T08:32:45Z
Pojok PituViewerViral

Ribuan Santri Tebuireng Jombang Mudik Lebih Awal


JOMBANG - Ribuan santri pondok pesantren tebuireng, desa cukir, kecamatan diwek, kabupaten jombang, mulai melakukan mudik bersama. Dengan mengendarai bus, para santri ini berkumpul di terminal wisata religi gus dur,transit dari masing masing asrama pesantren.

Satu-persatu mereka mengambil tiket sesuai tujuan yang sudah dipesankan oleh panitia. Setelah mendapatkan tiket, para santri langsung menuju bus yang sudah disiapkan panitia. Seluruh perbekalan tidak ketinggalan juga dimasukan ke bagasi bus oleh panitia.

Naila salah satu santriwati tebuireng mengaku akan melakukan mudik ke riau. Dirinya mengaku senang bisa mudik bareng seluruh santri lainnya. Selain lebih menyenangkan juga lebih irit dari segi biaya. Seluruh persiapan mulai vaksin dosis dua hingga pcr sudah disiapkan oleh santri sebelum berangkat mudik.

Sementara KH. Lukman hakim,mudir ponpes tebuireng mengatakan, hari ini ada 40 bus yang memulangkan santri tebuireng. Pemulangan ini dilakukan selain karena jadwal belajar sudah libur juga memudahkan santri sampai rumah. Beban biaya yang biasanya mahal bisa ditekan lebih murah dengan cara mudik bersama.

Mudik bersama dilepas oleh pengasuh pesantren dengan pengawalan mobil petugas kepolisian. Seluruh bus akan menyebar ke sejumlah daerah di jawa timur,jawa tengah hingga jakarta. Sedang untuk santri yang berasal dari dekat jombang bisa dijemput oleh keluarganya.