Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, April 22, 2022, 14:41 WIB
Last Updated 2022-04-22T08:26:35Z
TubanViewerViral

Sosialisasi Migrasi TV Analog Ke Digital, Kominfo Tunggu Petunjuk Teknis


TUBAN - Migrasi siaran TV analog ke digital atau analog switch off (ASO), tinggal menunggu waktu. ASO di kabupaten tuban akan dimulai pada 2 november 2022 mendatang. Sesuai data kominfo pusat, kabupaten tuban masuk dalam wilayah tahap 3 ASO atau wilayah terakhir di jawa timur yang memberlakukan ASO.

Meski ASO masih beberapa bulan lagi, namun ternyata siaran televisi digital saat ini sudah mulai bisa dinikmati warga di kabupaten tuban. Namun, channel yang masuk baru sekitar 25 saja. Gambar yang dihasilkan juga bersih, jernih, dan canggih.

Meski demikian, sebagian warga di tuban bertahan dengan TV analog mereka. Salah satunya achmad choirudin, warga kelurahan gedongombo, kecamatan semanding, tuban. Ia memilih bertahan dengan TV analog lantaran menunggu bantuan set top box gratis dari pemerintah.

Sementara itu, hingga kini pihak dinas kominfo tuban belum pernah melakukan sosialisasi migrasi TV analog ke digital.

Menurut kepala dinas komunikasi dan informatika kabupaten tuban, arif handoyo, pihaknya belum melakukan sosialisasi karena masih menunggu petunjuk teknis dari kominfo pusat maupun kominfo propinsi. Meski demikian, ia mengaku terbantu dengan sosialisasi yang masif di seluruh media televisi.