Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, May 24, 2022, 14:38 WIB
Last Updated 2022-05-24T07:38:17Z
TubanViewerViral

Banjir Rob Terjang 5 Kecamatan Di Pesisir Utara Tuban


TUBAN - 5 kecamatan di sepanjang pesisir utara kabupaten tuban, diterjang banjir rob. Pasang besar yang menyebabkan luapan air laut itu masuk hingga ke perkampungan nelayan. Seperti terekam dalam video amatir warga, air rob masuk ke pemukiman warga hingga ketinggian 20 centimeter.
 
Dampak banjir rob ini salah satunya dirasakan warga di perkampungan nelayan di kelurahan sidomulyo, kecamatan tuban kota, kabupaten tuban. Menurut warga setempat, ombak besar di pesisir utara tuban sudah terjadi 5 hari terakhir. Sementara dalam dua hari terakhir, air rob masuk ke pemukiman warga.
 
Agar air rob tidak masuk ke pemukiman, warga setempat membuat tanggul dari sak berisi pasir. Akibat banjir rob ini, aktifitas warga dan para nelayan terganggu. Bahkan, para nelayan setempat berhenti melaut untuk sementara waktu.
 
Sementara itu, menurut warga setempat, banjir rob ini merupakan terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Jika biasanya banjir rob hanya merendam kawasan tepian pemukiman nelayan, namun kini banjir hingga masuk ke rumah-rumah warga.

Atas kondisi ini, warga berharap pihak terkait meninggikan tanggul yang ada di utara kawasan setempat, sehingga jika terjadi banjir rob tahunan, air tidak masuk ke pemukiman warga. Meski belum ada laporan kerusakan, namun aktifitas nelayan dan warga di pesisir setempat terganggu.
 
Bmkg tuban menghimbau agar warga di 5 kecamatan di pesisir utara tuban, diantaranya palang, tuban kota, jenu, tambakboyo dan bancar, untuk waspada. Pasalnya, banjir rob ini diperkirakan akan masih terjadi hingga 25 mei besok.