Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, May 25, 2022, 15:07 WIB
Last Updated 2022-05-25T08:07:01Z
TubanViewerViral

Dampak Banjir Rob, Damkar Tuban Tangkap 3 Ular Phiton Raksasa


TUBAN - Seperti terekam dalam video amatir warga, sejumlah petugas pemadam kebakaran kabupaten tuban, menangkap ular phiton di kawasan pantai kelurahan karangsari, kecamatan tuban kota, kabupaten tuban. Ular phiton sepanjang 3,5 meter ini bersembunyi dibawah sebuah pohon, setelah terbawa arus banjir rob yang melanda kawasan pesisir utara tuban.

Selain disini, petugas juga menangkap ular phiton sepanjang 4,5 meter di kelurahan perbon, kecamatan tuban kota. Serta ular dengan jenis yang sama sepanjang 4 meter di desa semanding, kecamatan semanding, tuban.

Ketiga ular ini, oleh petugas dievakuasi ke kandang milik dinas pemadam kebakaran tuban agar tidak kembali lepas. Di dalam kandang ular milik damkar tuban ini, terdapat sedikitnya 29 ular phiton dengan panjang antara 3 sampai 4,5 meter. Ular-ular ini ditangkap dari berbagai wilayah di tuban berdasarkan aduan dan laporan dari masyarakat.

Menurut kepala dinas satpolpp dan damkar kabupaten tuban, gunadi. Dalam tiga hari terakhir, pihaknya disibukkan dengan penangkapan ular phiton yang muncul dan terbawa arus akibat fenomena banjir rob yang melanda kawasan pesisir utara tuban.

Pihaknya, saat ini masih melakukan koordinasi dengan pihak perhutani maupun kebun binatang. Agar puluhan ular yang ada di kandang damkar setempat bisa dilepas liarkan ke hutan lindung, maupun dipelihara kebun binatang.