Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, May 16, 2022, 15:36 WIB
Last Updated 2022-05-16T08:36:37Z
TubanViewerViral

Khawatir Ganggu Idul Adha, Muhammadiyah Minta Kementan Segera Atasi Wabah PMK


TUBAN - Mewabahnya penyakit mulut dan kuku atau pmk yang menyerang hewan ternak khususnya sapi, mendapat perhatian serius dari pimpinan pusat muhammadiyah. Atas persoalan ini, pp muhammadiyah meminta agar pemerintah khususnya kementerian pertanian bergerak cepat dan segera mengatasi wabah pmk ini.

Wabah pmk ini, dikhawatirkan bisa mengganggu perayaan kurban pada hari raya idul adha yang akan dilaksanakan umat islam pada bulan juli mendatang. Apalagi syarat ternak yang menjadi hewan kurban salah satunya adalah sehat.

Hal tersebut diungkapkan sekretaris pimpinan pusat muhammadiyah, abdul mu’ti, saat menghadiri acara halal bi halal yang digelar pimpinan daerah muhammadiyah tuban, di desa leran kulon, kecamatan palang, tuban, pada minggu sore.

Terkait wabah pmk ini, abdul mu’ti mendorong agar pemerintah khususnya kementan, segera mengambil langkah-langkah strategis untuk menangani persoalan ini. Jika tidak segera teratasi, muhammadiyah khawatir wabah ini terus berkembang dan semakin parah. Apalagi sebentar lagi akan ada perayaan kurban.

Jika wabah pmk tidak segera diatasi, sekretaris PP muhammadiyah ini khawatir, kejadian ini akan dimanfaatkan kelompok tertentu untuk melakukan impor sapi.

Abdul mu’ti berharap, wabah pmk ini segera teratasi sehingga umat islam di indonesia bisa beribadah dengan sebaik baiknya dan kebutuhan hewan kurban bisa terpenuhi.