Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, May 24, 2022, 15:45 WIB
Last Updated 2022-05-24T08:45:39Z
BojonegoroViewerViral

Manasik Haji, 718 Calon Jamaah Haji Bojonegoro Siap Berangkat


BOJONEGORO - Kemenag kabupaten bojonegoro menggelar manasik haji massal di gedung sebaguna bojonegoro pada senin siang. Para jamaah haji melaksanakan serangkaian manasik haji, mulai dari ihram, wukuf, mabit di musdalifah, jumrah aqabah, mabit di mina, tawaf ifadha, sai, dan tawaf wada’, yang didampingi langsung oleh panitia haji.

Manasik haji ini digelar untuk memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji dan umroh tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci, terutama bagi yang baru pertama kali pergi ke tanah suci.

Dari data yang tercatat oleh pihak jamaah haji di kab.bojonegoro.sebanyak 718 jamaah haji yang telah terkonfirmasi pelunasan. Adapun banyaknya jamaah haji yang berangkat,tanggal 4 juni 2022 ada 280 jamaah dan tanggal 5 juni 2022 ada 445 jamaah.

kepala penyelenggara haji dan umroh kemenag bojonegoro yasmani mengatakan. Di bojonegoro ada 7 titik di wilayah barat padangan dan ngasem, wilayah tengah bojonegoro dan balen, wilayah timur sumberjo dan borneo, wilayah selatan kedungadem, untuk jamaah kemarin dari 730 yang terkonfirmasi pelunasan ada 718 jamaah, untuk yang belum konfirmasi dianggap  menunda pemberangkatan untuk rata-rata umur jamaah yang berangkat sekitar 60 tahun terendah umur 18 tahun.

sementara itu, salah satu jamaah haji muda bernama arif cahyono yang akan melakukan ibadah haji menyampaikan. Bahwa sebelum berangkat haji, terlebih dahulu melakukan pendaftaran, serta menunggu waktu agar bisa diberangkat.

arif mengungkapkan, ia bisa berangkat haji lantaran mengantikan ibunya yang sudah meninggal dunia.