Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, May 9, 2022, 15:19 WIB
Last Updated 2022-05-09T08:19:17Z
TubanViewerViral

Pedagang Ketupat Dadakan Penuhi Pasar Tradisional Di Tuban


TUBAN - Datangnya hari raya ketupat, membuat para pedagang kurung ketupat dadakan, memadati bahu jalan di sejumlah pasar tradisional kabupaten tuban. Hal ini salah satunya seperti yang terpantau di belakang pasar tradisional pasar bongkaran kabupaten tuban, tepatnya di desa gedongombo, kecamatan semanding, kabupaten tuban, pada minggu pagi.

Tak hanya menjual daun lontar sebagai bahan ketupat, mereka juga menjual kurung ketupat, dan ketupat yang sudah matang atau siap saji. Mayoritas umat muslim di kabupaten tuban, setelah 7 hari perayaan idul fitri, juga merayakan hari raya ketupat.

Hal ini menjadi berkah tersendiri bagi para penjual kurung ketupat. Sehari menjelang hari raya ketupat, para pedagang kurung ketupat dadakan ini laris diborong oleh warga yang tak bisa atau tak sempat membuat kurung ketupat.

Salah satunya seperti yang dialami oleh ibu kasiyani, pedagang kurung ketupat. Dalam sehari, ia mampu menjual 2000 kurung ketupat, menjelang hari raya ketupat. Bahkan ia juga berjualan sambil membuat kurung ketupat. Setiap satu ikat kurung ketupat, berisi 10, diberi harga 25.000 hingga Rp. 30.000 rupiah per ikat.

Para pedagang kurung ketupat dadakan ini, hanya berjualan di momen-momen tertentu. Seperti 3 hari menjelang hari raya ketupat.