Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, June 6, 2022, 15:13 WIB
Last Updated 2022-06-06T08:21:41Z
Pojok PituViewerViral

Kerajinan Limbah Akar Kayu Jati Tembus Pasar Luar Negeri


SITUBONDO - Puluhan pengrajin akar dewa di Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo,Jawa Timur, terus memproduksi kerajinan dari limbah kayu jati, pada Senin (06/06/2022). Dari tangan mereka, limbah kayu jati disulap menjadi berbagai jenis perabotan rumah tangga.

Kerajinan limbah kayu jati ini adalah milik Innani, warga desa setempat. Menurutnya, perabotan rumah tangga dari limbah kayu jati yang paling diminati adalah adalah jenis gelas. Namun, untuk membuat gelas, para pengrajin membutuhkan proses cukup panjang.

Mulai dari pemotongan limbah kayu sesuai ukuran gelas, kemudian dipahat menggunakan alat pemotong. Proses ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian, agar bentuk kerajinan bisa jadi sesuai permintaan.

“Khusus untuk gelas ini ada belasan pengrajin yang mengerjakannya. Ini kebetulan ada pesanan dari Inggris khusus untuk gelas.” Terang Innani.

Innani, saat ini terus memproduksi sebanyak empat ribu gelas pesanan dari Inggris.Kerajinan bentuk gelas ini telah mengantongi ijin food grade, sehingga aman untuk kesehatan manusia.

“Pesanan kerajinan limbah kayu milik saya ini, sudah banyak dipesan berbagai pasar luar negeri.Diantaranya Inggris, Australia, Jepang, hingga berbagai Negara di Timur Tengah.” Paparnya.

Harga jual secangkir gelas, dibandrol dengan harga 50 ribu rupiah hingga 250 ribu rupiah.Sementara Omset perbulan dari penjualan kerajinan ini bisa menembus ratusan juta rupiah.