Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, June 25, 2022, 15:52 WIB
Last Updated 2022-06-25T08:52:48Z
Kabar ApikViewerViral

Perkuat Perekonomian Masyarakat Melalui Koperasi Mitra Berkah Kerabat


KABAR APIK - Seperti inilah rutinitas pembagian sekaligus pendistribusian paket sembako, yang dilakukan oleh Koperasi Mitra Berkah Kerabat, kepada ibu rumah tangga yang tergabung pada Koperasi Mitra Berkah Kerabat, yang berada di dusun kedung banteng, desa brangkal, kecamatan parengan kabupaten Tuban, rutin di bagikan sebelum ramadhan dan sebelum lebaran tiba.

Koperasi Mitra Berkah Kerabat banyak di kenal oleh masyarakat, dimana koperasi yang sudah berdiri sejak tahun 2015 silam tersebut, mempunyai tujuan yakni untuk memperkuat dan memperkokoh perekonomian masyarakat. Hingga saat ini Koperasi Mitra Berkah Kerabat, memiliki kurang lebih sekitar 3 ribu ibu rumah tangga maupun perempuan yang belum berumah tangga, yang tergabung di dalamnya.

Ada beberapa hal yang membedakan Koperasi Mitra Berkah Kerabat, dengan koperasi koperasi yang lain pada umumnya. Yakni Koperasi Mitra Berkah Kerabat, menawarkan beberapa paket yang dapat dipilih oleh masyarakat, nantinya bisa di dapat pada saat waktu sebelum ramadhan, dan sebelum lebaran tiba. Yakni paket seribu, paket seribu limaratus, paket dua ribu, dan paket spesial. Di paket seribu ada 3 jenis paket yang tersedia, yaitu paket sembako seribu, terdiri dari beras, gula, telur, daging dan beberapa macam lainnya, yang berjumlah 8 macam.

Untuk paket kue seribu, terdiri dari bimoli, good time kaleng, astor dan beberapa macam lainyya, yang totalnya ada 12 macam. Dan yang terakhir paket daging seribu, berupa 1 bak kecil, berisi 2 daging sapi 3 kilogram. Di paket seribu limaratus, ada paket sembako seribu limaratus, berisi kebutuhan pokok terdiri dari 10 macam. Paket kue seribu limaratus, ada 16 macam di yang nantinya bisa di dapat, dan untuk paket daging seribu limaratus terdapat 1 bak besar berisi 2 daging sapi 4,5 kilogram.

Sementara di paket dua ribu, terdapat 4 jenis yang tersedia, yaitu paket sembako dua ribu a terdiri dari 8 macam kebutuhan pokok, dan sembako dua ribu b terdiri dari 12 macam kebutuhan pokok. Di paket kue 2000 dapat menikmati 19 macam jenis, mulai dari bomoli, astor, sikuit roma kaleng, biskuit dan berbagai macam lainnya. Dan untuk paket daging dua ribu rupiah, bisa memperoleh 1 bak besar berisi 2 daging sapi seberat 6 kilogram.

Dan yang terakhir adalah paket spesial, yakni ada 3 pilihan. Mulai dari paket 2 ribu per hari, 3 ribu perhari dan 5 ribu per hari. Paket 2 ribu per hari ada paket sembako seribu plus uang 300 ribu rupiah, paket kur seribu plus uang 300 ribu rupiah dan paket daging seribu plus uang 300 ribu rupiah. Sedangkan paket 3 ribu perhari, ada paket sembako 1.500 plus uang 500 ribu rupiah, paket kue 1.500 plus uang 500 ribu rupiah, dan paket daging 1.500 plus uang 500 ribu rupiah. Paket spesial yang terakhir yakni paket 5 ribu per hari, ada paket sembako 2 ribu plus uang 1 juta rupiah, pamet kue 2 ribu plus uang 1 juta rupiah, dan paket daging 2 ribu plus uang 1 juta rupiah. Semua paket yang tersedia itu, dapat diperoleh pada saat sebelum ramadhan, dan sebelum lebaran tiba, yang pedistribusian maupun pembagianya, akan berikan langsung oleh pengurus Koperasi Mitra Berkah Kerabat.

Untuk sistem yang di gunakan Koperasi Mitra Berkah Kerabat ini, adalah sistim akad salam, yang sitemnya akad di depan, sesuai perjanjian apa yang didapat didalam paket tersebut, nantinya pembagiannya akan pasti di dapat waktu jelang ramadhan dan jelang lebaran tiba. Tentunya sistem yang digunakan sangat aman, jika ibu ibu rumah tangga, maupun perempuan yang belum berumah tangga ingin ikut adil di dalamnya maka bisa ikut bergabung.

Sistem pembayaranya yang digunakan pun cukup mudah, dan tidak terlalu membebani. Yakni cukup dengan membayar setiap hari, sesuai dengan paket yang di inginkan pada saat akad di awal.

Berikut beberapa cuplikan pembagian paket sembako, paket kue, dan peket daging yang diberikan oleh Koperasi Mitra Berkah Kerabat, sejak mulai tahun 2015 hingga sekarang, kepada ibu ibu yang sudah ikut menjadi bagian dari Koperasi Mitra Berkah Kerabat.

Ayu septya puspitasari merupakan bendahara sekaligus orang pertama yang memiliki ide tersebut menjelaskan. Koperasi Mitra Berkah Kerabat ini rintisanya sejak tahun 2015, dengan tujuan utama untuk memeperkuat dan memeperkokoh perekonomian masyarakat. Perbedaan Koperasi Mitra Berkah Kerabat ini dengan koperasi koperasi lainnnya, lebih spesifiknya adalah melibatkan kaum ibu dan perempuan setempat, kurang lebih ada sebanyak 3 ribu, untuk memberdayakan dan terlibat aktif di Koperasi Mitra Berkah Kerabat ini.

Sementara itu, adanya Koperasi Mitra Berkah Kerabat ini sangat diapresiasi, di dukung serta di sambut baik keberadaanya oleh pemerintah desa setempat, pasalnya Koperasi Mitra Berkah Kerabat ini, sejak beridi sejak tahun 2015 hingga sekarang ini, sangat membantu masyarakat khususnya ibu ibu rumah tangga, dalam segi perekonomian untuk mecukupi kebutuhan sembako.

Pencetus ide adanya Koperasi Mitra Berkah Kerabat ini berharap, semoga kedepannya Koperasi Mitra Berkah Kerabat ini, membawa dampak, manfaat serta keberkahan luar biasa bagi anggota, serta masyarakat luas baik di Tuban, maupun Bojonegoro.