Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, July 30, 2022, 13:28 WIB
Last Updated 2022-07-30T06:28:11Z
Edukasi | BudayaTubanViewerViral

Peringati 1 Muharram, Ratusan Warga di Tuban Gelar Pawai Ta'aruf


TUBAN - Berbagai acara dilakukan umat islam untuk memperingati Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah. Salah satunya seperti yang dilakukan jamaah Masjid Baitul Karim di Perumahan Bumi Permata Estate, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban, pada Sabtu pagi (30/07/2022).

Ratusan warga yang didominasi anak-anak dan ibu-ibu ini menggelar pawai ta'aruf keliling perumahan. Diiringi musik rebana, mereka berjalan sambil melantunkan sholawat. Selain itu, anak-anak peserta pawai 1 Muharram ini juga membawa berbagai atribut dan tulisan berisi pesan di Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah ini.
 
Takmir Masjid Baitul Karim, Muhammad Solahudin mengatakan, pawai ta’aruf ini merupakan puncak dari rangkaian peringatan 1 Muharram 1444 Hijriyah di masjid setempat. Sebelumnya, juga digelar berbagai kegiatan seperti rotibul haddad dan tausiyah muhasabah serta doa akhir tahun dan awal tahun baru hijriyah.

“Kami harap kegiatan ini bisa menggugah semangat para jamaah, mempererat silaturahmi, serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama,” Jelasnya.

Semenatara itu, untuk menyemarakkan acara, peserta pawai juga mendapatkan doorprize dan mengikuti berbagai game. Selain itu juga digelar pertunjukan seni bela diri, bazaar berbagai jenis makanan dan minuman, serta santunan anak yatim. (dzi/rok)