Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, July 13, 2022, 17:36 WIB
Last Updated 2022-07-13T10:36:22Z
Potensi DaerahTubanViewerViral

Tahun Ajaran Baru, Pedagang Seragam Sekolah Diserbu Pembeli


TUBAN - Jelang tahun ajaran baru, para orang tua di Kabupaten Tuban, ramai-ramai masuk Pasar Tradisional untuk berburu seragam sekolah. Salah satunya seperti terlihat di Pasar Tradisional di Jalan Gajahmada, Kabupaten Tuban, pada Rabu (13/07/2022). 


Kios-kios pedagang seragam sekolah terpantau ramai pembeli yang datang silih berganti. Hampir seluruh seragam dari berbagai tingkatan sekolah mengalami lonjakan penjualan. Baik seragam sekolah dasar, madrasah maupun sekolah menengah pertama dan atas. 


Namun hingga kini, seragam sekolah dasar putih-merah menjadi yang terlaris, lalu disusul seragam pramuka. Para pembeli mengaku memilih membeli seragam sekolah di pasar karena banyak pilihan. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau. 


“Ini beli seragam merah putih mas, untuk masuk kelas 3 SD. Karena seragam yang lama sudah lusuh.” Jelas Albert, Anak-anak pembeli seragam.


Selain lebih murah, bisa tawar menawar harga dan kualitas bagus, berbagai variasi pilihan seragam juga tak kalah dengan toko modern. Hal ini yang menjadikan salah satu daya tarik warga memilih belanja di Pasar Tradisional setempat.


“Pilihannya banyak, harganya murah, ukurannya juga banyak mas. Pokoke lebih enak kalo beli di pasar.” Ungkap Samihatul, yang membelikan seragam sekolah untuk anaknya.


Harga seragam sekolah yang ditawaran antara Rp35.000 sampai Rp65.000 per potong, bergantung ukuran dan jenis kain. 


Tahun ajaran baru pada tahun ini, menjadi berkah bagi para pedagang. Herlin salah satu pedagang seragam sekolah mengaku, omzet penjualannya melonjak berkali-kali lipat dibanding hari biasa. 


“Dalam sehari pedagang mampu menjual enam puluh potong seragam mas, alhamdulillah.” Terang Herlin. (dzy/rok)