Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, August 24, 2022, 16:04 WIB
Last Updated 2022-08-24T09:25:28Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

Bojonegoro Masuk 3 Besar Lomba Kinerja Petugas OP Irigasi Teladan


BOJONEGORO - Kabupaten Bojonegoro menjadi wakil dari Provinsi Jawa Timur pada lomba kinerja petugas operasi dan pemeliharaan irigasi teladan tingkat nasional tahun 2022, kategori pengamat irigasi permukaan daerah irigasi pacal. Sebelumnya, dewan juri telah melakukan penilaian tahap ke 2, meliputi penilaian di kantor, berupa pengecekan data, blanko, dokumen, serta kegiatan operasi pemeliharaan yang sudah dilaksanakan oleh pegamat irigasi di lapangan.

Hasilnya, dewan juri menempatkan Kabupaten Bojonegoro wakil dari Provinsi Jawa Timur wilayah 2 lolos menuju tahapan seleksi ke 3, dengan nilai total 258,73 di urutan pertama. Selain Kabupaten Bojonegoro, ada 2 perwakilan dari provinsi lainnya yang lolos ke tahapan selanjutnya, yakni wilayah 1 Provinsi Lampung dan wilayah 3 Provinsi Sulawesi Selatan.

Lomba ini diikuti oleh 34 Provinsi yaitu 37 BBWS BWS di Seluruh Indonesia, seperti Provinsi NTT, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Banten, Provinsi Bali, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah dan beberapa provinsi lainnya.

Kasi Operasional Dinas PU SDA Provinsi Jawa Timur, UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro, Teguh prasetyo, mengatakan, sebelum mengikuti lomba, sejumlah persiapan sudah dilakukan mulai dari data data pelaksaan yang sudah dijalankan, seperti dari usulan petani tata tanam, sampai pengesahan yang sudah di sahkan oleh bakowil bojonegoro.

“Semoha dengan lolosnya Kabupaten Bojonegoro mewakili Jawa Timur menuju 3 besar nanti bisa meraih juara pertama,” harapnya.

Sementara itu, Sub Koordinator Wilayah 2 Dirjen Bina Op Direktorat SDA Kementerian PUPR, Lilik Muzdalifah saat ditemui JTV pada Rabu (24/08/2022) menjelaskan, dari 34 Provinsi diambil 3 perwakilan untuk maju dan akan di jaring petugas teladan tingkat nasional yaitu sebanyak 3 Provinsi.

“Penilaian tahap terakhir ini untuk menentukan juara 1 petugas teladan tingkat nasional, berupa penilaian kompetensi yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 September 2022 mendatang,” Jelasnya. (edo/rok)