Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, September 17, 2022, 15:35 WIB
Last Updated 2022-09-17T08:39:56Z
BojonegoroPotensi DaerahViewerViral

Petani Tembakau Virginia Paeton di Bojonegoro Raup Untung Berlimpah


BOJONEGORO - Musim kemarau menjadi berkah tersendiri bagi para petani tembakau jenis Virginia Paeton di Kabupaten Bojonegoro. Kondisi ini salah satunya dirasakan petani tembakau Virginia Paeton di Desa Tlogohaji, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, pada Sabtu (17/09/2022).

Para petani setempat, kini sedang menikmati tingginya harga tembakau virginia yang mereka tanam pada musim ini. Tanaman tembakau yang tidak banyak membutuhkan air, pada musim kemarau ini tumbuh normal, serta menghasilkan kualitas rajangan yang cukup baik.

Selain itu, terik matahari yang cukup, juga membuat proses pengeringan tembakau rajangan jenis virginia, menjadi lebih cepat dan makin berkualitas. Hal ini berdampak pada harga jual tembakau yang cukup menguntungkan bagi para petani setempat.

Parnawi, salah satu petani tembakau setempat mengatakan, hingga pemetikan ketiga ini harga tembakau virginia kering rajang terus merangkak naik. Sebelumnya, tembakau virginia laku dikisaran harga 28 ribu rupiah perkilogram. Namun kini sudah menembus harga 33 sampai 34 ribu rupiah perkilogram.

“Senang dan bersyukur mas, karena harga tembakau tinggi pada  musim ini. Jarang-jarang saat musim panen harga tembakau sebagus kali ini,” ungkap Parnawi kepada JTV.

Para petani berharap harga jual tembakau yang tinggi ini akan terus bertahan setidaknya hingga pemetikan yang terakhir, atau selesai masa panen. (lim/rok)

Ikuti berita terkini dari JTV Bojonegoro di Google News