Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, October 19, 2022, 16:19 WIB
Last Updated 2022-10-19T09:24:25Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Banjir Bandang Terjang Sejumlah Desa di Kabupaten Tuban


TUBAN - Banjir bandang menerjang sejumlah desa di Kecamatan Tuban, pada  Selasa (18/10/2022) malam. Air bercampur lumpur yang berasal dari perbukitan selatan, membanjiri jalan raya hingga masuk kerumah-rumah warga. Sejumlah perabotan rumah dan kendaraan ikut terendam banjir.

Banjir terparah salah satunya menerjang Dusun Kuti, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban. Pantauan JTV di lokasi, akses jalan raya berubah menjadi lautan air saat setelah hujan deras menguyur daerah perbukitan kapur yang terletak di selatan tuban kota. Akibatnya, jalan tidak dapat dilintasi kendaraan bermotor.

Tak hanya itu, banjir setinggi perut orang dewasa ini ikut merendam puluhan rumah warga. Akibatnya, beberapa perabotan rumah seperti kursi, kasur, meja dan kendaraan milik warga ikut terendam air.

“Airnya sampai diatas lutut. Ini banjir tahunan, kiriman dari selatan desa, semua perabotan tenggelam,” jelas Darsi, warga setempat.

Sementara itu, Camat Tuban, Moch. Dani Ramdhani mengatakan, banjir yang melanda dua desa di Kecamatan Tuban ini terparah terjadi di Dusun Kuthi. Banjir ini merupakan kiriman dari wilayah perbukitan kapur yang ada di selatan desa setempat.

“Ini banjir tahunan, airnya kiriman dari kawasan perbukitan di selatan desa sini,” ungkap Camat Tuban.

Hingga kini masih belum bisa ditaksirkan jumlah kerugian yang dialami warga. Masyarakat berharap, agar pemerintah dapat membantu mencarikan solusi atas permasalahan tersebut. (dzi/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News