Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, October 25, 2022, 18:09 WIB
Last Updated 2022-10-25T11:09:17Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Banjir Terjang Kawasan Tuban Kota, Sejumlah Warga Terpaksa Mengungsi


TUBAN - Hujan deras yang mengguyur perbukitan kapur di Kabupaten Tuban, membuat drainase di Kawasan Tuban Kota tak mampu menampung debit air kiriman dari perbukitan setempat. Akibatnya, air meluap menggenangi jalan dan rumah-rumah warga, Senin (24/10/2022) malam. 

Kondisi terparah terjadi di Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban. Jalan di perkampungan setempat tergenang banjir hingga ketinggian lutut orang dewasa.

Selain menggenangi jalan, banjir juga menggenangi rumah-rumah warga setempat. Meski telah membuat tanggul buatan agar air tak masuk ke rumah, tingginya curah hujan membuat air terus naik hingga masuk ke dalam rumah warga. 

Kondisi ini membuat warga mengevakuasi barang-barang berharga ke tempat yang lebih aman. Bahkan, sebagian warga terpaksa mengungsi ke rumah warga lain yang tidak terdampak banjir. 

“Air masuk rumah mas, barang-barang ditaruh diatas biar tidak basah. Banjir ini sudah langganan tiap tahun,” terang Sumiatun, warga terdampak banjir.

Banjir ini merupakan langganan dan terjadi hampir setiap tahun. Bahkan tingginya curah hujan, membuat banjir ini melanda kawasan setempat sebanyak 3 kali dalam kurun waktu 10 hari terakhir.

“Ini 10 hari terakhir sudah 3 kali banjir. Ini sebenarnya sudah langgnanan kalau hujan deras,” ungkap Heri Murni, Ketua RT setempat.

Warga setempat berharap, agar Pemerintah membantu mencarikan solusi atas permasalahan banjir yang sering terjadi di daerah tersebut. (dzi/rok)