Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, October 27, 2022, 16:27 WIB
Last Updated 2022-10-27T09:27:33Z
Politik | PemerintahanTubanViewerViral

Pilkades Serentak di Tuban, 8 Pasangan Suami-Istri Berebut Kursi Kades


TUBAN - Sebanyak 47 Desa dari total 311 Desa di Kabupaten Tuban, menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Kamis 27 oktober 2022. Dari 47 Desa yang menggelar pilkades, ada sebanyak 119 orang yang ikut berkompetisi memperebutkan kursi nomor 1 di Desa masing-masing.

Uniknya, ada sebanyak 8 pasangan suami-istri (Pasutri) yang akan memperebutkan kursi kepala desa. Masing-masing adalah Desa Demit, Kecamatan Jatirogo, Desa Boncong dan Desa Ngampelrejo, Kecamatan Bancar. Kemudian Desa Simo dan Desa Gununganyar, Kecamatan Soko. Desa Kapu, Kecamatan Merakurak. Desa Compreng, Kecamatan Widang, dan Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan.

Pantauan JTV di Desa Kapu, Kecamatan Merakurak, Tuban, pada Kamis (27/10/2022) siang, proses pilkades yang diikuti pasangan suami istri di desa setempat berjalan aman dan lancar. Warga silih berganti datang ke tempat pemungutan suara untuk menyalurkan hak pilih mereka.

Menurut Panitia Pemungutan Suara Pilkades Kapu, Suwanto, pada pilkades tahun 2022 ini diikuti oleh 2 calon kepala desa. Kedua calon kades ini diketahui merupakan pasangan suami istri. Sang suami Darmu mendapat nomor urut 1. Sedangkan istrinya bernama Supatmi Heni Susilowati, mendapat nomor urut 2.

“Ini yang laki-laku sebelumnya sudah menjabat kepala desa setempat selama 2 periode,” terang Suwanto kepada JTV di lokasi pemungutan suara.

Meski calon Kades diisi pasangan suami-istri, sejumlah warga setempat mengaku tidak mempersoalkan hal tersebut. Meski demikian, sebagian warga mengaku lebih suka dipimpin oleh kades laki-laki.

“Kalau saya pribadi lebih suka dipimpin laki-laki mas, tapi kalau milih siapa itu rahasia pribadi masing-masing,” terang Nur Sahid, warga setempat.

Hingga berita ini ditulis, proses penghitungan suara masih dilakukan di setiap desa yang menyelenggarakan pilkades. (dzi/rok)