Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, October 25, 2022, 17:22 WIB
Last Updated 2022-10-25T10:22:29Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanViewerViral

Serap Aspirasi Masyarakat, Sahudi Gelar Reses Sidang 3


KABAR APIK - Ketua DPC Partai Gerindra Bojonegoro, sekaligus Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Bojonegoro, Sahudi menggelar reses masa sidang ke 3 tahun 2022 di Kediamanya di Desa Brengglolo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Senin (24/10/2022). Pada reses ke 3 itu, Sahudi ingin mendengar keluh kesah masyarakat, sekaligus Berharap kepada masyarakat, agar menyampaikan ataupun mengusulkan aspirasi mereka, Supaya nantinya dapat direalisasikan.

Reses Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra Dapil 5 Sahudi ini, sengaja menempatkan Kegiatannya di desa setempat agar lebih adil, merata serta lebih mudah untuk menampung Aspirasi masyarakat di Dapil 5.

Acara ini dihadiri langsung oleh Sahudi, Sekretaris Dprd Kabupaten Bojonegoro,  masyarakat Dari 8 kecamatan dapil 5 yakni Kecamatan Kalitidu, Ngasem, Malo, Purwosari, Padangan, Kasiman, Kecamatan Kedewan dan Kecamatan Gayam.

Dalam kesempatan ini, Sahudi menyampaikan dalam resesnya, agar masyarakat yang hadir Tidak perlu malu maupun merasa canggung, untuk menyampaikan segala usulan yang akan Disampaikan kepadanya.

Sebagai anggota DPRD, aspirasi semuanya masuk tanpa terkecuali, maka sebagai anggota Legislatif menampung semua aspirasi masyarakat. Semua aspirasi yang disampaikan di reses Tahun 2021, sekarang direalisasikan di tahun 2022. Tingginya APBD Kabupaten Bojonegoro, Pastinya feed back pembangun di Bojonegoro cukup banyak. RPJMD fokus di jalan dan rijit, Bahkan semua merata dan hampir 100% pembangunan jalan atau rijit sudah merata.
 
Ini menandakan fungsi APBD besar Kabupaten Bojonegoro, ada timbak baliknya yang dapat Di rasakan oleh masyarakat Bojonegoro. Reses masa sidang ke 3 di dapil 5 kali ini, Sahudi Menyampaikan aspirasi  yang disampaikan kali ini,  belum tentu bisa terealisasi di tahun 2022 Ini, lantaran sisa 2 bulan lagi sudah pergantian tahun. Pastinya untuk verifikasi berbagai Macam aspirasi yang disampaikan, juga belum tentu terealisasi pada tahun 2023, lantaran APBD 2023 sudah di sahkan dan disetujui.

Meski sudah di sahkan APBD tahun 2023, dari sisa APBD tahun 2023 induk, dan reses untuk Menampung di PAPBD tahun 2023 atau di induk 2024. Hal tersebut lantaran, induk 2023 Sudah ada kesepatakan dan disahkan, tidak bisa dirubah maupun ditambah. Sahudi berharap Masyarakat dapil 5, yang mengusulkan aspirasi apapun itu, baik jalan tani, drainase, Sekolahan, maupun aspirasi lainnya nanti di tuangkan di PAPBD tahun 2023 atau induk tahun 2024.

Di tahun 2022 beberapa aspirasi yang sudah terealisasikan, untuk Desa Brenggolo usulan Jalan usaha tani sudah masuk, dan di papbd untuk kecamatan beberapa desa sudah di usulkan Masuk yakni drainase dan jalan usaha tani.

Pada sesi tanya jawab, masyarakat dapil 5 yakni Kecamatan Kalitidu, Kecamatan Ngasem, Purwosari, Malo, Padangan, Kasiman, Kedewan dan Kecamatan Gayam, berkesempatan Menyampaikan usulan maupun aspirasi yang di butuhakan di desanya.

Mereka sangat antusias silih berganti menyampaikan aspirasinya kepada Sahudi. Kurang Lebih ada sekitar 11 aspirasi sekaligus usulan dari masyarakat yang disampaikan kepada Sahudi. Mulai dar warga desa ngrendeng kecamatan malo, yang mengusulkan drainase dan Untuk pembangunan masjid. Terkait usulan pembangunan masjid, sahudi meminta agar Proposal di siapkan dan surat keterangan terdaftar, agar bisa terealisasikan dan bisa masuk di APBD.

Selain itu, warga dari Dukuh Kebun Turi Desa Katur Kecamatan Gayam, hadir reses tersebut, Megusulkan madin sabilun najah. Semantara salah satu warga bernama Joko Pitono, Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, menyampaikan usulan untuk pembangunan jembatan desa, Jalan Desa Mayangrejo Dukuh Ngenden Etan.

Abdul rokhim, Warga Desa Rendeng Kecamatan Malo, mengusulkan  pembangunan masjid Dan drainase. Fatkhun Warga Desa Kebonturi Kecamatan Kalitidu, mengusulkan Pembangunan ruang kelas baru untuk diniyah tarbiyatussibiyah.

Menanggapi usulan masyarakat, sahudi menyampaikan dari usulan dari Desa Katur untuk Sekolah MI dan Diniyah sudah terbangun, ia berharap nantinya bisa pemerantaan tidak hanya Fokus di 1 dukuhan. Terkait usulan madin,  nantinya akan dimasukkan di induk tahun 2024. Sahudi juga mejelaskan terkait usulan masyarakat terkait pembangunan jalan poros desa dan Jembatan untuk desa pungpungan, dikhawatirkan dobel counting dengan dana desa. Maka Dari itu sebisa mungkin yang di usulkan adalah jalan poros kabupaten, seperti jalan poros Kabupaten arah ngujo bisa di usulkan.

Jalan desa brenggolo menuju ke semonggo turut di usulkan kepada sahudi, yang mana Sebelumnya dari jalan desa sudah beralih ke jalan poros kecamatan. Di desa pungpungan Dusun mojodelik, mengusul hipam air bersih, usulan tersebut diusulkan, lantaran di dusun Tersebut ada sumber air yang bisa digunakan olah masyarakat, akan tetapi rasanya asin Sehingga masyarakat resah akan hal itu, untuk dimintakan untuk dibuatkan pam.

Mashud perwakilan dari YPI Abu Naim Sukoharjo Kalitidu, mengusulkan yayasan ruang 2 Kelas untuk Mts, dan 1 ruang kelas untul Mi. Usulan tersebut disampaikan, mengingat siswa Di sekolahan mts dan mi sangat banyak. Terkait hal tersebut, sahudi menyampaikan untuk Ruang kelas mts sudah masuk di induk tahun 2023, akan terealisasikan di bulan 10.

Siti Anisa, dari Desa Brenggolo mengusulkan alat musik religi untuk grup hadrah al syifah. Usulan tersebut akan  di ajukan, dengan harapan nanti kalau terealisasikan dapat Dimanfaatkan dengan baik. Tk Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Kalitidu mengusulkan Alat peraga luar dan alat peraga di dalam, untuk sarana kegiatan sekaligus fasilitas belajar Bagi anak anak.

“Usulan tersebut akan dimasukkan ke BOP, yang mana dana tersebut untuk bermanfaat bagi Masyarakat, dengan konsep kegiatan social,” terang Sahudi kepada JTV.

Di Desa Brenggolo, Kecamatan Kalitidu, Sahudi berharap, masyarakat bisa memanfaatkan Momentum reses tersebut dengan sebaik mungkin, dalam menyampaikan semua aspirasi,Prorgram program usulan kegiatan masyarakat, yang selama ini belum tercover oleh Pemerintah Kabupaten, agar di sampaikan kepada dirinya. Dari 11 usulan di reses yang sudah Disampaikan oleh masyarakat, nantinya akan diparipurnakan, atau di sidangkan, agar bisa Masuk di APBD tahun 2024, dan terealisasikan. (edo/yan)