Iklan

Redaksi JTV
Sunday, November 6, 2022, 11:34 WIB
Last Updated 2022-11-06T09:25:14Z
TubanViewerViral

Jelang Muktamar ke 48, PD Muhammadiyah Tuban gelar Pawai Ta'aruf, Gowes hingga Pawai Budaya Islami

 
Pawai akbar budaya islami semarak Muktamar ke 48 Muhammadiyah-Aisyiyah yang digelar oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bancar, Tuban, Minggu (6/11/2022). 

TUBAN – Dalam rangka menyukseskan gelaran Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah yang akan dipusatkan di Solo pada tanggal 18-20 November 2022 mendatang, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tuban menggelar sejumlah kegiatan pada Minggu, (06/11/2022). Diantaranya pawai ta'aruf, gowes hingga pawai akbar budaya islami.

Pawai ta'aruf yang digelar di alun-alun Tuban, diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tuban. Sementara gowes bareng yang digelar keliling Kecamatan Palang, diadakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Palang. Sedangkan pawai akbar budaya islami diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bancar.

“Hari ini ada 3 kecamatan yang menggelar gebyar Muktamar. Yang pertama acara pawai taaruf yang diadakan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tuban. Kemudian Pimpinan Cabang Muhammadiyah Palang pada hari ini menggelar gowes bareng. Kemudian bersamaan ini juga diadakan pawai akbar budaya islami yang diadakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bancar,” papar Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tuban, KH. Nurul Yakin.
Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tuban, KH. Nurul Yakin (tengah) bersama peserta gowes di Kecamatan Palang, Tuban, Minggu (6/11/2022). 


Selain ketiga kegiatan ini, nantinya hingga pelaksanaan Muktamar juga akan digelar sejumlah kegiatan lain seperti bakti sosial, donor darah, khitanan dan pembangunan SD Muhammadiyah di Kecamatan Kerek, Tuban. Seluruh warga Muhammadiyah Tuban dan masyarakat dengan gembira mengikuti kegiatan dalam rangka semarak Muktamar yang ke 48.

“Nanti juga akan disusul dengan kegiatan-kegiatan lain seperti bakti sosial, donor darah, khitanan dan pembangunan SD Muhammadiyah di Kecamatan Kerek. Kami juga membentuk panitia khusus untuk menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah ini, sehingga nantinya kegiatan-kegiatan akan terus kami gelar sampai hari H pelaksanaan Muktamar,” terang KH. Nurul Yakin.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tuban ini berharap, Muktamar ke 48 nanti dapat berjalan dengan sukses dan terpilih kader-kader Muhammadiyah terbaik untuk melanjutkan estafet perjuangan di Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Rangkaian Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah sudah dimulai pada 5 November 2022 kemarin, sehingga nantinya pada 18-20 November 2022 pelaksanaannya tinggal pembukaan dan pemilihan pleno pimpinan pusat.

“Muktamar ini sudah dimulai kemarin via zoom untuk pleno pertama, yaitu pertanggungjawaban pimpinan pusat dan juga tanggapan-tanggapan pimpinan wilayah di seluruh Indonesia dan juga pembahasan program-program. Sehingga nanti di Muktamar tinggal pembukaan, pemilihan pleno pp, insya Allah hanya 2 hari,” tutup KH. Nurul Yakin. 

Dalam kesempatan ini, Ketua Pelaksana Panitia Muktamar ke 48 PDM Kabupaten Tuban, Edi Utomo juga menuturkan bahwa, ribuan warga Muhammadiyah akan turut menyemarakkan acara Muktamar di Solo. 
Ketua Pelaksana Panitia Muktamar ke 48 PDM Kabupaten Tuban, Edi Utomo. 

Sebanyak 2.235 warga Muhammadiyah Tuban akan berangkat dengan menumpang 35 bus, 13 elf, 9 kendaraan pribadi, serta 40 motor. Rombongan akan berangkat pada 18 November 2022 terpusat di 3 titik, yang tersebar di Kabupaten Tuban.

"Sebanyak 2.235 warga Muhammadiyah dari Tuban akan berangkat ke Solo untuk menyemarakkan Muktamar ke 48," terang Edi Utomo, yang juga sekretaris Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur ini. (*/rok)