Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 27 Januari 2023, 17:06 WIB
Last Updated 2023-01-27T10:06:38Z
BojonegoroPotensi DaerahViewerViral

Penangkaran Cucak Ijo Beromset Jutaan Rupiah


BOJONEGORO - Seorang pria di Dusun Nglingi, Desa Bareng, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, sukses menangkarkan burung cucak ijo. Dari penangkaran tersebut dirinya mendapat omset hingga jutaan rupiah tiap bulannya.

Pria tersebut adalah Imam Mujito. Ia dikenal suskes menangkarkan burung cucak ijo yang di kenal susah untuk di tangkarkan. Dari penangkaran burung cucak ijo ini yang sudah digeluti dua tahun silam. Imam, sudah banyak menghasilkan burung cucak ijo yang berkualitas.

Bahkan, burung produk tangkar pria 32 tahun tersebut sebagian menjadi juara diperlombaan burung berkicau.

Menurutnya, perawatan dalam menangkarkan burung cucak ijo ini tergolong cukup susah, dirinya harus menyesuaikan birahi setiap indukan yang akan di jodohkan. Selain itu cuaca yang tidak menentu sangat berpengaruh terhadap produksi burung itu sendiri.

“Saat ada lebih dari 4 indukan burung cucak hijau yang saya tangkar. Mulai dari jenis cucak ijo kalimantan dan cucak ijo banyuwangi,” terangnya saat ditemui JTV, Jumat (27/01/2023)/

Imam menambahkan, jika pembeli tak hanya dari Bojonegoro saja melainkan dari Surabaya, Sidoarjo, Madiun hingga Bekasi. Dari penangkaran tersebut, imam menjual anakan burung cucak ijo dengan harga delapan ratus ribu rupiah untuk cucak ijo remaja, sedangkan untuk anakan yang sudah mandiri ia jual dengan harga satu juta rupiah.

“Sedangkan untuk satu juta lima ratus hingga dua juta rupiah dapat anakan cucak ijo jantan,” imbuhnya.

Dari penangkaran burung cucak ijo ini, Imam meraup omset hingga jutaan rupiah perbulannya. (lim/rok)