Iklan Beranda

Redaksi JTV
Rabu, 25 Januari 2023, 17:27 WIB
Last Updated 2023-01-25T10:27:17Z
TubanViewerViral

Tahun 2017-2022, CSR SIG GHoPO Tuban Jangkau 3.299 Warga Desa Sumurgung Tuban

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) GHoPO Tuban, gelontorkan CSR di Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban, Rabu (25/01/2023).
TUBAN – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) GHoPO Tuban, terus menggelontorkan Program Corporate social responsibility (CSR) di wilayah Kabupaten Tuban. Salah satunya menyasar Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban. 
 
Tahun 2017 – 2022 , program CSR SIG GHoPO Tuban telah menjangkau 3.299 warga di Desa Sumurgung. Hal tersebut disampaikan Tuban Community Development Officer SIG GHoPO Tuban, Siswanto, dalam acara serah terima program CSR Tahun 2022, evaluasi kinerja 5 tahun FMK, dan sosialisasi tata kelola CSR 2023, di Balai Desa setempat, pada Rabu (25/01/2023).
 
Menurutnya, selama 5 tahun mulai dari tahun 2017-2022. Program CSR SIG GHoPO Tuban disalurkan kepada 9 klaster pemberdayaan masyarakat, 26 program infrastruktur, serta 5 program karikatif.
 
“Dalam program ini, SIG melibatkan Pemdes, tokoh masyarakat, OMS, FMK, dan masyarakat secara umum. Capaian implementasi CSR tahun 2017-2022 di Sumurgung total 1,3 Miliar rupiah dan menjangkau 3.299 warga setempat,” ungkapnya. 
 
Siswanto menambahkan, khusus pada Tahun 2022 ini, pihak SIG menggelontorkan CSR untuk pembangunan Toko BUMDes dan program karikatif. “Toko BUMDes ini akan diisi alat-alat pertanian serta digunakan memasarkan produk-produk dari Desa Sumurgung.” imbuhnya.
 
Lebih lanjut Tuban Community Development Officer SIG GHoPO Tuban ini menegaskan, pihaknya menggelar acara pertemuan di Balai Desa setempat dengan melibatkan sejumlah pihak untuk mengetahui perkembangan program serta evaluasi program CSR yang disalurkan di desa setempat. Serta sebagai bentuk transparansi program CSR yang telah disalurkan.
 
“Evaluasinya untuk peningkatan kapasitas masih kosong. Saya minta tahun 2023 ada. Ini bisa diisi dengan pelatihan menjahit, membuat produk, industri kreatif,” tegasnya.
 
Evaluasi penyaluran Program CSR SIG di Desa Sumurgung Tuban, rabu (25/01/2023).
Sementara itu, Sekretaris Desa Sumurgung, Nur Sa'id, mengucapkan terimakasih kepada SIG karena telah membantu mensukseskan sejumlah program Pemerintah Desa setempat. Salah satunya dengan membantu pengembangan UMKM.
 
“Kami berterimakasih kepada SIG karena sangat membantu Pemdes. Ini hasilnya sudah terlihat dan meningkatkan UMKM disini. Juga membantu program prioritas penggunaan lumbung pangan dan pertanian yakni dengan mendirikan Toko BUMDes,” terangnya.
 
“Adanya kolaborasi dana desa dan CSR SIG ini bisa membuat desa Sumurgung khususnya semakin maju dan sejahtera,” lanjut Sekretaris Desa Sumurgung. 
 
Hal sama juga disampaikan Harsono, perwakilan OMS BUMDes Sumurgung. Menurutnya, CSR SIG berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian desa setempat.
 
“Terima kasih kepada Semen Indonesia yang telah membantu membangun desa, mendorong pengembangan usaha masyarakat desa. Saya sudah dua kali mendapat program, pertama 2021 lumbung pangan dan 2022 BUMDes,” tutupnya. (*/rok)