Iklan

Sketsa Bengawan
Senin, 02 Januari 2023, 16:59 WIB
Last Updated 2023-01-02T10:58:53Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Ular Kobra Bersarang di Rumah Warga Tuban, Petugas Temukan 17 Anakan dan 24 Telur


TUBAN - Warga di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, digemparkan dengan bersarangnya ular kobra di dapur rumah milik Wicak Relo Pambudi, warga setempat, Minggu (01/01/2022). Ular kobra ini bersarang tepat di bawah keramik dapur.

Penemuan sarang ular kobra ini bermula saat pemilik rumah menangkap satu ekor ular kobra dewasa di dapurnya. Namun, selang sehari kemudian, ia justru menemukan ular kobra anakan di lokasi yang sama.

Karena takut, pemilik rumah langsung melaporkan kejadian tersebut ke petugas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban untuk mengevakuasi hewan berbisa tersebut.

Petugas kemudian langsung melakukan pencarian dan menemukan adanya lubang pada keramik yang ada di dapur rumah warga tersebut. Saat dibongkar, petugas kaget karena menemukan sedikitnya 17 ekor anakan ular kobra.

Petugas damkar kemudian mencari sarang ular berbisa ini dan kembali menemukan sebanyak 24 telur ular kobra yang siap menetas. Anakan ular beserta telurnya ini, kemudian dievakuasi petugas ke kantor damkar setempat.

“Ternyata ada lubang di keramik di dapur pemilik rumah, sehingga kita bongkar dan ditemukan 17 anakan cobra dan 24 telur yang siap menetas,” ungkap Gunadi, Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban saat ditemui JTV di kantornya, Senin (02/01/2022).

Meski telah tertangkap, petugas tetap mengimbau kepada pemilik rumah agar tetap berhati-hati, mengingat indukan ular ini baru tertangkap satu ekor. Sedangkan satu ekor lainnya belum diketahui keberadaannya.

“Kemungkinan masih ada satu indukan yang belum ditemukan. Kami berpesan agar masyarakat setempat tetap waspada dan segera melapor jika ditemukan, karena ular tersebut berbisa,” imbuh
Gunadi.

Beruntung tak ada korban jiwa maupun luka saat kejadian maupun proses evakuasi ular berbisa ini. Setelah dievakuasi, petugas kemudian memusnahkan belasan ekor anak ular cobra bersama dengan telurnya tersebut. (dzi/rok)