Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 28 Februari 2023, 14:50 WIB
Last Updated 2023-02-28T07:50:32Z
TubanViewerViral

Cuaca Buruk dan Gelombang Tinggi, Nelayan di Tuban Berhenti Melaut


TUBAN - Cuaca buruk berupa angin kencang disertai gelombang tinggi membuat nelayan di Pesisir Utara Kabupaten Tuban berhenti melaut. Kondisi tersebut salah satunya seperti terpantau di tempat sandar kapal di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban, pada selasa (28/02/2023) pagi.

Pantauan JTV di lokasi, ratusan perahu nelayan nampak berjejer rapi dan terparkir di tepi pantai setempat. Tak ada aktivitas persiapan melaut untuk menangkap ikan seperti biasanya. Para nelayan lebih memilih memanfaatkan waktu luangnya untuk memperbaiki  perahu yang rusak.

Riyanto, salah satu nelayan mengatakan, cuaca buruk dan gelombang tinggi yang terjadi sejak satu pekan terakhir, memaksa mereka berhenti melaut sementara waktu. Para nelayan khawatir jika nekat melaut akan membahayakan nyawa mereka. Apalagi, kondisi ombak di tengah laut cukup tinggi. Yakni antara 4 hingga 6 meter.

“Ini sudah seminggu cuacanya kayak gini mas. Ya mau gimana lagi harus berhenti melaut. Di tengah ombaknya tinggi 4 sampai 6 meter,” ungkapnya.\

Tak hanya itu, sejumlah perahu milik nelayan yang terparkir di bibir panti juga rusak terkena ombak. Atas kondisi ini para nelayan bisa pasrah dan berharap cuaca bisa kembali normal. (dzi/rok)