Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 27 Februari 2023, 16:04 WIB
Last Updated 2023-02-27T09:04:50Z
BojonegoroPotensi DaerahViewerViral

Guru di Bojonegoro Raup Cuan Dari Budidaya Bonsai Mini


BOJONEGORO - Mendengar kata bonsai tentu akan terbayang dengan tanaman yang unik dan indah dengan harga yang mahal. Nah, di Kabupaten Bojonegoro, seorang guru pegawai negeri sipil (PNS) sukses budidaya bonsai mini. Berawal dari hobi, usaha bonsai mini ini kini mampu menghasil pundi-pundi cuan tambahan untuk pembudidayanya.

Guru tersebut adalah Mukidi, warga Kelurahan Sumbang, Kecamatan Bojonegoro Kota, Kabupaten Bojonegoro. Di halaman kebun miliknya, ratusan bonsai berukuran mini tertata rapi di dalam pot.

Mukidi menjelaskan, usaha budidaya bonsai mini sudah digelutinya sejak 3 tahun yang lalu. Peminat bonsai mini juga tak hanya dari Bojonegoro saja, bahkan luar kota dan luar negeri, seperti Bekasi, Jakarta dan Malaysia.

“Awalnya hanya hobi, tapi akhirnya terus berkembang dan menghasilkan uang tambahan,” jelasnya kepada JTV, Senin (27/02/2023).

Soal harga tidak perlu dikhawatirkan, bonsai mini ini dijual dengan harga mulai sepuluh ribu hingga seratus ribu rupiah. Jenisnya pun beragam, mulai dari sakura, hokian tea, sancang, beringin afrika, dolar mangkok, seribu bintang dan masih banyak lainnya.

“Pembelinya banyak ada dari Bojonegoro sendiri. Ada juga dari luar kota seperti Bekasi dan Jakarta. Juga ada yang beli dari Malaysia,” imbuh Mukidi.

Jika anda berminat untuk membeli bonsai mini, anda dapat berkunjung di kebun bonsai milik Mukidi yang berada di Kelurahan Sumbang, Gang Sawahan, Kota Bojonegoro. (lim/rok)