Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 01 Februari 2023, 15:27 WIB
Last Updated 2023-02-01T08:27:56Z
BojonegoroViewerViralWisata | Kuliner

Menikmati Kelezatan Kuliner Sambel Ale Khas Bojonegoro


BOJONEGORO - Bagi anda pecinta sambal atau makanan pedas belum lengkap rasanya jika belum mencoba kuliner sambel ale yang ada di Desa Bogo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Warung yang berjarak 7 kilometer dari pusat kota ini, berdiri sejak dua tahun lalu.

Meski tergolong baru, namun banyak warga yang berkunjung ke tempat ini, karena penasaran dengan rasa sambal alenya. Warung ini menyajikan beragam lauk. Seperti belut, ayam, ikan panggang serta berbagai jenis ikan lain.

Sesuai dengan namanya, yang menjadi ciri khas di tempat ini tentu sambal. Ikan maupun ayam yang baru saja diangkat dari wajan penggorengan, kemudian dipenyet di dalam cobek besar yang berisi sambel segar.

Setelah itu, ditempatkan di cobek kecil lengkap beserta ale, kemangi, daun ketela, serta irisan mentimun segar. Kuliner ikan sambel ale selanjutnya siap untuk disantap.

“Awalnya kesini karena penasaran, tapi ternyata setelah mencoba rasanya enak. Apalagi ada alenya yang membuat sambal ini menjadi khas,” jelas Arika salah satu pembeli.

Sementara itu, pemilik warungm Sutikno mengatakan, jika ide membuat sambel ale ini lantaran di desa tersebut merupakan sentra penghasil ale. Ide tersebut terbukti berhasil setelah banyak pecinta kuliner yang berkunjung.

Untuk harganya cukup nyaman di kantong, mulai dari 8 ribu hingga 20 ribu per porsinya, pelanggan tidak hanya dari Bojonegoro, namun juga berasal dari berbagai daerah, seperti Surabaya, Malang, Jember hingga Jakarta.

“Idenya ya karena di desa sini itu penghasil ale. Ternyata setelah saya buka itu banyak pelanggan datang dari berbagai kota. Harganya per porsi 8 ribu sampai 20 ribu tergantung lauknya,” ungkap Sutikno kepada JTV, Rabu (01/02/2023).

Bagaimana, anda tertarik merasakan kuliner sambel ale ini? anda bisa langsung berkunjung ke warung sambel ale kraozz di Desa Bogo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. (lim/rok)