Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 10 Februari 2023, 16:12 WIB
Last Updated 2023-02-10T09:12:33Z
JombangPojok PituViewerViralWisata | Kuliner

Menikmati Segarnya Es Dawet Durian Wonosalam Jombang


JOMBANG - Bagi anda pecinta olahan durian, belum lengkap rasanya jika belum mencoba es dawet durian di warung yang ada di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Menu es dawet durian tersebut, terinspirasi melimpahnya stok durian lokal Wonosalam.

Tentu saja, seluruh bahan yang digunakan dalam es dawet durian ini juga berasal dari wonosalam. Mulai dari daun pandan suji, santan, gula aren, hingga campuran buah durian.

Daun pandan suji, menghasilkan aroma semerbak wangi yang khas. Sementara gula aren, menghasilkan rasa manis alami. Ditambah dengan santan segar dan buah durian wonasalam yang masih fresh, membuat es dawet durian ini mempunyai rasa yang khas.

Salah satu pembeli, Fridianto mengatakan, jumlah durian yang banyak dalam es dawet ini menjadi daya tarik dari es dawet durian ini. Apalagi, durian disajikan fresh dari buah yang baru dipanen bukan bentuk kupas.

“Duriannya banyak mas, satu mangkok ini ada enam. Mantap rasanya, durian dan bahan lainnya juga rasanya masih fresh,” ungkapnya kepada JTV di lokasi, Jumat (10/02/2023).

Sementara, Alina Dini, pemilik warung es dawet durian mengatakan, sengaja memunculkan menu baru untuk menyiasati melimpahnya buah durian di Wonosalam. Variasi kudapan durian dicampur dawet tersebut, hanya dibanderol dengan harga 20 ribu rupiah per porsinya.

“Ini awalnya terinsipirasi dari banyaknya durian disini (wonosalam). Kemudian saya buat es ini, kebutulan bahannya disini ada semua,” jelasnya.

Para pengunjung yang datang ke tempat ini, tidak hanya dari dalam jombang. Namun juga pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia. Selain bisa menikmati kesegaran es dawet durian, di tempat ini para pengunjung juga disajikan suasana pegunungan anjarmoro yang sejuk dan asri. (ful/rok)