Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 18 Februari 2023, 14:37 WIB
Last Updated 2023-02-18T07:37:28Z
TubanViewerViral

Monyet Liar Teror Perkampungan Warga di Tuban, Damkar Lakukan Perburuan


TUBAN - Monyet liar berkeliaran masuk ke pemukiman warga di Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, pada jumat (17/02/2023) sore. Monyet ekor panjang tersebut masuk pemukiman dan mengganggu hewan ternak yang ada di kandang warga.

Tak hanya itu, monyet liar tersebut juga merusak dan memakan tanaman serta menculik anak ayam untuk dibuat mainan hingga mati. Bahkan beberapa telur ayam milik warga juga rusak akibat dilempar sang monyet.

Menurut Siswanto, Ketua RT setempat, monyet ini sudah masuk ke pemukiman selama dua hari terakhir. Takut membahayakan anak-anak yang sedang bermain,kejadian ini kemudian dilaporkan kepada Petugas Pemadam Kebakaran Tuban untuk dievakuasi.

“Teror monyet liar ini baru pertama kali terjadi disini. Belum diketahui, dari mana asal monyet ini,” terangnya kepada JTV di lokasi kejadian.

Karena kondisi lokasi berada di dekat hutan,hingga sabtu (18/02/2023) siang petugas Damkar masih kesulitan menangkap monyet liar ini. Pasalnya, monyet selalu melarikan diri ke dalam hutan saat petugas datang ke lokasi kejadian.

“Kami berusaha menangkap hidup-hidup dengan jala. Karena tempatnya di lingkungan hutan kita kehilangan jejak,” jelas Waris, anggota Damkar Tuban.

Selanjutnya, petugas Damkar Kabupaten Tuban akan berkoordinasi dengan pihak badan konservasi sumber daya alam untuk menangani persoalan ini. Agar kawanan monyet ini tidak kembali ke pemukiman. (dzi/rok)