Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 27 Maret 2023, 16:00 WIB
Last Updated 2023-03-27T09:00:34Z
BojonegoroEdukasi | BudayaSketsa RamadhanViewerViral

Kanjeng Soemantri, Tokoh Penyebar Agama Islam Sekaligus Bupati Bojonegoro ke 21


BOJONEGORO - Pesarehan Kanjeng Soemantri berada di Jalan Basuki Rahmat, Gang Kiyai Mojo, Kelurahan Mojokampung, Kecamatan Bojonegoro Kota. Kanjeng Soemantri, merupakan salah satu tokoh penyebar agama islam di Kabupaten Bojonegoro.

Beliau juga pernah menjadi Bupati Bojonegoro ke 21 pada saat penjajahan Hindia Belanda. Kanjeng soemantri menjabat sebagai Bupati Bojonegoro pada tahun 1916 hingga 1936. Menggantikan Raden Adipati Aryo Rekso Koesomo yang merupakan ayahnya, yang sebelumnya menjabat sebagai Bupati Bojonegoro ke 20, pada tahun 1890 hingga 1916.

Juru Kunci Makam Kanjeng Soemantri, Mastiah saat ditemui JTV, senin (27/03/2023) mengatakan, Kanjeng Soemantri sendiri memiliki nama asli Raden Adipati Aryo Koesoemadinegoro. Kemudian setelah menjabat sebagai Bupati, mendapatkan gelar Kanjeng Soemantri Koesomo Adinegoro atau lebih dikenal oleh warga masyarakat dengan nama Kanjeng Soemantri.

“Kanjeng Soemantri merupakan putera dari Raden Adipati Aryo Rekso Koesoemo Bupati ke 20 Bojonegoro dan Ibu Raden Siti Soendari, lahir di Surabaya tanggal 19 maret tahun 1888 dan wafat pada tanggal 30 desember tahun 1936, sesuai yang tertulis pada nisan makam beliau,” terang juru kunci makam setempat.

Sementara itu, makam kedua orang tuanya saat ini di makamkan bersebelahan dengan makam Kanjeng Soemantri di komplek pesarehan setempat. Selain sebagai Bupati, Kanjeng Soemantri juga dikenal sangat dikenal jasanya, yakni sebagai pemrakarsa pembangunan Masjid Agung Darussalam Bojonegoro.

“Pada saat itu, Kanjeng Soemantri Memplopori renovasi pembangunan masjid yang menjadi ikon jantung Kota Bojonegoro dan menjadi renovasi pertama yang dilakukan pada tahun 1925,” ungkapnya.

Mastiah menambahkan, Kanjeng Soemantri juga termasuk orang yang mensiarkan dan menyebarkan agama islam. Pada saat itu, di wilayah Padangan banyak terdapat orang china yang agamanya kong hu chu, kemudian masuk islam adanya organiasi pergerakan serikat islam.

“Sedangkan serikat islam, saat itu dipimpin oleh Kiyai Haji Hasyim dan beliau Kanjeng Soemantri ikut serta dalam memprakarsainya,” katanya menambahkan.


Selain itu, menurut Mastiah pergerakan serikat islam selain dalam wadah mensyiarakan agama islam, juga bertujuan mematahkan perdagangan Hindia Belanda masa itu. Kemudian berkembang dengan bersatunya masyarakat Bojonegoro, pada akhirnya menjadi pergerakan persatuan rakyat bojonegoro untuk memerangi Hindia Belanda.

“Dari pernikahanya dengan Raden Siti Suendari, Kanjeng Soemantri dikaruniai 12 orang anak,” jelasnya.

Saat ini, pesarehan Raden Adipati Aryo Rekso Koesoemo dan Raden Adipati Aryo Koesoemadinegoro atau Kanjeng Soemantri telah resmi menjadi tempat wisata religi dan diresmikan langsung oleh Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah pada 9 Februari 2021 lalu. Sampai hari ini di pesarehan kanjeng soemantri banyak di datangi oleh para peziarah. (lim/rok)