Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 24 Maret 2023, 15:33 WIB
Last Updated 2023-03-24T08:33:58Z
TubanViewerViral

Petugas Damkar Tuban Diserang Tawon Vespa Saat Proses Evakuasi


TUBAN - Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Tuban dibuat kuwalahan setelah bius yang digunakan untuk menyekap sarang tawon ndas di rumah warga Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban, tidak berfungsi dengan maksimal. Sejumlah tawon vespa menyerang petugas, hingga membuat petugas kelabakan, pada kamis (23/03/2023) malam.

Beruntung, petugas yang diterjunkan ini sarat pengalaman sehingga tidak panik dan berhasil mengendalikan situasi. Tawon-tawon mematikan yang menyerang petugas, berhasil dilumpuhkan menggunakan peralatan seadanya.

Seluruh petugas berhasil selamat tanpa mengalami luka serius. Tawon tersebut menyerang petugas, lantaran saat dibius, sarang lebah tersebut berlubang. Kondisi ini membuat, lebah kabur melalui lubang tersebut. Setelah situasi reda, petugas langsung mengevakuasi sarang tawon ndas yang ada dibawah atap tersebut.

Menurut Waris, petugas Damkar Tuban, selain mengevakuasi sarang tawon berbahaya disini. Pihaknya juga mengevakuasi 2 sarang tawon lain masing-masing di salah satu rumah di perumahan Dinas Semen Gresik Pabrik Tuban dan serta lebah yang bersarang di pohon dekat rumah warga di Kecamatan Palang, Tuban.

“Proses evakuasi sarang tawon di 3 lokasi ini dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari dibius dengan pertalite, hingga dibakar,” terangnya kepada JTV di lokasi kejadian.

Pihak damkar tuban menghimbau kepada warga, jika menemukan sarang tawon vespa segera melapor. Pasalnya, lebah ini sangat berbahaya dan mematikan. (dzi/rok)