Iklan Beranda

Redaksi JTV
Kamis, 30 Maret 2023, 16:45 WIB
Last Updated 2023-03-30T09:45:25Z
TubanViewerViral

PLN Nusantara Power dan TNI Bersinergi Bangun Rumah FABA hingga Lapangan

TUBAN - Sinergitas program CSR PT PLN Nusantara Power dengan TNI, telah meresmikan lapangan voli di Koramil Jenu dan dua rumah dari bahan limbah Fly Ash - Bottom Ash (FABA) di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Rabu (29/3/2023) sore.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Staff Kodim 0811, Senior Manager PLN Nusantara Power, Abdi Nafi, Camat Jenu, Kapolsek Jenu, Staf PLN Nusantara Power, Danramil Kodim 0811 Tuban serta para tamu undangan. 

Dalam sambutannya, Senior Manajer PT PLN Nusantara Power, Abdi Nafi' merasa senang dengan sinergi yang baik dari sisi BUMN yang diwakili PLN Nusantara menghasilkan sebuah legasi/peninggalan yang bermanfaat bagi penerima manfaat Sutikno dan Afrizal warga Desa Wadung Kecamatan Jenu.

"Rumah ini berhasil dibangun dalam waktu saru bulan. Bekerja sama antara PLN Nusantara, TNI, dan Pemerintah Desa. Semoga bermanfaat dan dapat digunakan rumahnya dalam kehidupan sehari-hari," ujar Abdi Nafi' kepada Beritabaru.co, Tuban.

Lebih lanjut, Abdi Nafi' menjelaskan bahwa Faba bukanlah limbah B3 Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021, tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan bahwa Faba bukan lagi merupakan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

"Saat ini PT. PLN Nusantara Power melalui UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar Tuban, memanfaatkan sisa pembakaran batu bara atau FABA untuk menjadi bahan kontruksi," jelasnya.

Abdi Nafi' kemudian berinisiatif agar Faba bisa bermanfaat untuk masyarakat. Selain untuk bahan kontruksi, Faba juga telah dikembangkan sebagai penahan ombak di Kabupaten Rembang, serta digunakan campuran semen dan pabrik di Gresik dan Mojokerto. 

"Kami mohon doanya kepada pemilik rumah Faba, semoga operasi PLN Nusantara Power di Tuban berjalan lancar dan rumah Faba membawa kebaikan bagi penghuninya," terangnya. 

Ditempat yang sama, Camat Jenu, Yoeliani Endang Poerwati menilai program ini merupakan bentuk sinergi dalam rangka mengangkat dan menyejahterakan warga Wadung, Kecamatan Jenu. Dengan inovasi ini juga bisa membuka pikiran dan semangat masyarakat, secara bersama-sama bisa memanfaatkan limbah FABA. 

Setidaknya ini menjadi alternatif pekerjaan dan menguntungkan bagi masyarakat. Untuk saat di Koramil dimanfaatkan untuk pembuatan paving. Ini peluang masyarakat Jenu agar bekerjasama dengan PLN Nusantara Power. Selain itu Kecamatan Jenu juga sudah diberi bantuan produk FABA, akhirnya lingkungan menjadi bersih.

"Saya berpesan kepada pemilik rumah Faba agar menjaga rumah agar tetap baik dan sehat. Pemilik rumah Faba di Wadung bernama Sutikno dan Arizal. Keduanya beralamat di Dusun Gersalam, RT 3 RW 1, Wadung, Jenu," terangnya.

Sementara itu, Arizal mengaku senang dapat menempati rumah Faba bantuan dari PLN Nusantara Power. Dia bersama istrinya sebelumnya tidak memiliki tanah dan rumah layak. "Alhamdulillah sekarang bisa menempati rumah layak. Terimakasih PLN Nusantara Power yang bersinergi dengan Koramil Jenu dan Pemdes Wadung," katanya. 

Sedangkan lahan rumah Faba sendiri disiapkan oleh Pemdes Wadung. Sebab, sebelumnya kedua keluarga kurang mampu tersebut tidak memiliki tempat tinggal layak dan anak. "Pemdes berinisiatif memberikan lahan kepada warga kami yang butuh. Kami juga berpesan agar rumahnya selalu dirawat agar awet dan bersih," tutup Kades Wadung, Sasmita. (*/rok)