Iklan Beranda

jtvbojonegoro
Minggu, 02 April 2023, 21:28 WIB
Last Updated 2023-04-02T14:28:19Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanViewerViral

Abidin Fikri: Kader Partai Harus Pahami Peran Partai Politik Sesuai Konstitusi UUD NRI 1945


KABAR APIK - Dalam rangka menguatkan pemahaman wawasan kebangsaan di kalangan masyarakat, Anggota MPR RI, H. Abidin Fikri, S.H., M.H. menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kantor DPC PDI Perjuangan Bojonegoro, Minggu (02/04/2023). Acara ini diawali dengan buka puasa bersama dengan Pengurus Ranting se-Kabupaten Bojonegoro. 

Bertempat di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bojonegoro, agenda ini dihadiri oleh Pengurus Ranting, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bojonegoro. Dalam penyampaiannya Abidin Fikri menjelaskan bahwa kader harus mampu mengedukasi masyarakat, bahwa Partai politik merupakan wadah yang strategis dalam meningkatkan karakter, kompetensi dan kapasitas untuk suksesi kepemimpinan di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

"Seperti halnya kepemimpinan nasional ke depan - ideologi sebuah partailah yang punya kekuatan untuk menuntun. Partai berada pada level tertinggi dari berbagai jenis organisasi lainnya, karena perannya yang sangat vital dalam menentukan arah kepemimpinan bangsa dan negara. Hal itu seiring dan seirama dengan tingkat kesadaran yang tinggi dari para kader partai, ujar Abidin di hadapan ratusan kader PDI Perjuangan Bojonegoro. 

Lebih lanjut Abidin Fikri menjelaskan bahwa, "Hal tersebut juga didasari dengan apa yang termaktub dalam konstitusi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dalam pasal Pasal 6A ayat 2 bahwa, Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilihan umum sebelum pelaksanaan pemilihan umum. Kemudian dalam Pasal 22E, ayat 3, Peserta pemilihan umum untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah partai politik," jelas Abidin Fikri yang juga Anggota Komisi IX DPR RI itu. 

Lebih lanjut Abidin menerangkan bahwa UUD NRI 1945 sebagai konstitusi Negara telah mengatur peran partai politik dalam pemilihan umum dalam konteks pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI dan anggota DPRD. Maka dari itu Abidin Fikri juga mengajak para kader PDI Perjuangan Bojonegoro untuk terus menempa diri dan bekerja keras menjalankan ideologi Pancasila sesuai peran partai  sebagaimana termaktub dalam konstitusi UUD NRI 1945.