Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 14 April 2023, 14:59 WIB
Last Updated 2023-04-14T08:12:16Z
BojonegoroViewerViral

Semburan Lumpur Bercampur Gas Muncul Kembali di Bojonegoro


BOJONEGORO - Fenomenaalamberupasemburan air bercampurlumpur yang keluardaritanah, kembalimunculdi area lerengperbukitanDusunKramat, DesaJari, KecamatanGondang, KabupatenBojonegoro.Semburanseperti air mendidihini,jugamengeluarkanbaubelerang yang menyengat.

Pantauan JTV di lokasi, adaduatitiksemburanberukuransekitar 50 centimeter yang teruskeluardaritanah.Lumpur bercampur gas yang muncul di lahanperhutaniini, terlihatmenyemburkandanbergelembungatauseperti air yang direbushinggamendidih.

Selainitu,jugaadapuluhantitikgelembung yang keluar di sekitarnya.Menurutwarga, fenomenaalaminisudahberlangsungsejaktahun 2016 lalu. Bahkan, semburan yang keluarlebihbesardari yang sekarang.

“Sebelumnya, kejadiananehinisempatberhenti, namunkinisetelahnyakembalimuncul,” jelasTekno, wargasetempat, Jumat (14/04/2023).

Teknomenambahkan, akibatsemburanini,tanah di sekitarlokasimengeringdantakbisaditanami. Selainitu, di dekattitiksemburanjugamengeluarkanbaubelerang yang menyengat.

“Baubelerangnyamenyengat, tanahnyajugamengering, sehingga di sekitarlokasitidakbisaditanami,” imbuhnya.

Di lokasisemburanjugaterlihatbekaspapanperingatan,terkaitancaman gas beracunatau h2s.Namun, kondisinyasudahrusak.

Sementaraitu,KepalaPelaksanaBpbdBojonegoro,ArdhianOrianto, saatdikonfirmasimengatakan,jikasemburan air bercampurlumpurtersebut,dianggaptakmembahayakan. Sebab, lokasinyajauhdaripermukimanwarga yang berjaraksekitar 2 kilo meter.

“Tidakberbahaya, jaraknyadaripemukimanwargacukupjauh, sekitar 2 kilometer,” terangnya. (lim/rok)