Iklan Beranda

Redaksi JTV
Rabu, 17 Mei 2023, 22:26 WIB
Last Updated 2023-05-17T15:26:35Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

Bahas Rencana Bendungan Karangnongko, Pemkab Bojonegoro dan Warga Duduk Bersama

 
BOJONEGORO - Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, menggelar pertemuan dengan warga Desa Ngelo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (17/05/2023) di Ruang Tribuana Tungga Dewi, Gedung Pemkab Lama. Pertemuan ini membahas tentang rencana proyek strategis nasional Bendungan Karangnongko. 

Dalam pertemuan ini, Bupati Anna meminta agar warga Desa Ngelo tidak terprovokasi dalam menghadapi proyek pembangunan Bendung Gerak tersebut. Pernyataan tersebut disampaikan setelah adanya audiensi antara warga Desa Ngelo dengan pemerintah terkait proyek tersebut. Meskipun pembebasan lahan bukan ranah Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Bupati Anna menekankan bahwa Pemerintah Kabupaten akan mendukung penuh proyek ini.

Lebih lanjut, Bupati Anna menjelaskan bahwa, saat ini petugas sedang melakukan pengukuran lahan untuk menentukan lokasi proyek. Meskipun pelaksanaan teknis proyek berada di ranah Pemerintah Provinsi dan DPRD Provinsi Jawa Timur, Bupati Anna menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten akan mengawal proses pembangunan bendungan ini sampai selesai, termasuk dalam proses penlokasi, penetapan appraisial, dan pembebasan lahan.

"Kami hanya menyiapkan anggaran, teknisnya ada di Provinsi termasuk DPRD Provinsi. Pemkab mempersiapkan karena wilayahnya masuk dalam teritorial Kabupaten Bojonegoro," jelas Bupati Anna. 

Anna Mu'awanah juga menekankan bahwa Pemkab Bojonegoro tidak berencana melakukan relokasi desa karena hal tersebut akan merugikan warga. Sebaliknya, Bupati Anna telah merancang konsep pengembangan wisata dengan Badan Besar Wilayah Sungai untuk memanfaatkan potensi wisata di sekitar bendungan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga, baik melalui sektor pariwisata maupun sektor pertanian. Bupati Anna berharap agar warga yang tinggal di sekitar Bendung Gerak Karangnongko dapat merasakan manfaat dari proyek ini.

"Pemkab Bojonegoro justru tidak ingin bobol desa karena kami ingin disaat bendungan jadi, di sana ada punggung ekonomi baru. Kalau direlokasi jauh, tapi apa manfaatnya jika tidak ada air mengalir di sekitar sana. Justru itu yang kami khawatirkan," imbuh Bupati. 

Bupati Anna berharap agar audiensi yang telah dilakukan dapat membuka pemikiran warga Desa Ngelo dan memastikan bahwa Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Pusat benar-benar memperhatikan kesejahteraan warga Bojonegoro dan Blora. Bupati Anna berkomitmen untuk menjaga proses pembangunan bendungan ini dan menyelesaikannya dengan baik, sehingga warga Desa Ngelo dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari proyek ini.

Selain dihadiri Bupati dan warga, pertemuan ini juga dihadiri Pimpinan DPRD Bojonegoro, Kepala OPD terkait dan Camat Margomulyo. (*/rok)