Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 30 Juni 2023, 15:53 WIB
Last Updated 2023-06-30T11:53:21Z
BojonegoroViewerViral

5 Rumah di Bojonegoro Terancam Longsor, 1 Rumah Rusak Parah


BOJONEGORO - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bojonegoro mengakibatkan tebing sungai di Dusun Gedangan, Desa Kedungrejo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, longsor sepanjang lebih dari 30 meter.

Akibatnya, Sebanyak 5 rumah warga rusak. Bahkan, 1 diantaranya harus di relokasi di tempat yang lebih aman.

Pantauan di lokasi Jumat (30/06/2023), bangunan kamar mandi yang ikut serta longsor dan tertimbun beberapa pepohonan yang mengelilinginya. Panjang longsor tersebut sekitar 30 meter, sedangkan lebarnya dari pemukiman warga kurang lebih hanya 1 hingga 2 meter.

Menurut pengakuan warga setempat, kejadian longsor tersebut sudah terjadi sejak tahun 2021 lalu, dan longsor susulan pun sering kali terjadi.

“Apalagi saat musim penghujan,sering longsor susulan. Ini sudah terjadi mulai tahun 2021 lalu,” terang Jamirah, 72 tahun, warga setempat.

Imbuhnya, sejumlah penghuni dideretan bekas longsoran pun khawatir jika terjadi longsor susulan yang lebih parah. Adapun 5 rumah yang terancam longsor tersebut yakni, milik Warno, Bandono, Jamal, Jamirah, dan Pujowarno.

Sedangkan rumah yang sudah longsor yakni milik Ngadi, sehingga membuatnya harus pindah rumah ke lokasi lain yang lebih aman.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro sebelumnya telah melakukan assesment, serta memberikan bantuan berupa sesek beserta bronjong. (lim/rok)