Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 30 Juni 2023, 15:53 WIB
Last Updated 2023-07-03T07:26:09Z
Potensi DaerahQurbanTubanViewerViral

Bengkel Las di Tuban Kebanjiran Order Bakar Bulu Hewan Kurban


TUBAN - Perayaan Hari Raya Idul Adha, menjadi berkah tersendiri bagi bengkel las milik Pak Endangdi Jalan Majapahit, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban,Jumat (30/06/2023) siang. Jika biasanya bengkel melayani hanya perbaikan rangka motor dan mobil. Kini, beralih melayani pembersihan bulu hewan kurban.

Pantauan di lokasi, warga silih berganti datang membawa berbagai organ hewan kurban, seperti kepala, kaki, hingga kulit. Organ sapi dan kambing ini dibawa ke bengkel las ini, untuk dibersihkan bulunya dengan cara dibakar dengan api las karbit.
 
Menurut warga, pembersihan bulu hewan kurban seperti ini dinilai lebih cepat, praktis dan efisien. Lantaran hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit saja per organnya.

“Sekarang kan enak, dapat kepala, dapat kaki atau dapat kulit bisa dibawa ke tukang las gini. 15 menit sudah selesai. Nggak perlu repot-repot dibersihkan sendiri yang waktunya berjam-jam,” jelas Supriyanto salah satu pelanggan.
 
Satu kepala sapi, hanya dipatok Rp.50.000, untuk kepala kambing Rp.30.000. Sementara paket komplit kulit kambing, kaki, dan kepala dibandrol Rp.50.000 saja.

Menurut pemilik bengkel las, dalam dua hari terakhir ratusan organ hewan kurban seperti kepala, kaki hingga kulit dibawa warga kesini untuk dibakar dan dibersihkan.

“Pas hari H kemarin 300 set organ kambing dan 50 kepala sapi mas. Ini kan pekerjaan musiman mas. Biasanya ya ngelas rangka motor dan mobil,” ungkap Pak Endang.
 
Imbuhnya, alih profesi ini hanya berlangsung selama tiga hari sejak perayaan Idul Adha. Setelah itu,bengkel las karbit ini akan kembali bekerja memperbaiki rangka motor dan mobil seperti biasa.

“Ini biasanya hanya 3 hari mas, setelah itu buka lagi seperti biasa. Untuk pelanggan dari Kecamatan Tuban, Palang dan Semanding,” pungkasnya. (dzi/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News